Kompas.com - 18/12/2020, 13:35 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Musim liburan akhir tahun dimanfaatkan sebagian besar orang untuk berwisata. Namun di masa pandemi kita harus lebih berhati-hati saat berada di luar rumah.

Dari temuan studi terbaru, terungkap berjalan di lorong sempit atau tempat tertutup bisa meningkatkan risiko seseorang terpapar virus corona.

Studi tersebut dimuat ke dalam jurnal Psychics of Fluids pada Rabu (16/12/2020) lalu.

Para peneliti menganalisis penyebaran droplet atau tetesan liur yang dihasilkan dari seseorang yang batuk setelah orang tersebut berjalan di tempat dengan ukuran berbeda.

Dengan menggunakan simulasi aliran udara, peneliti menemukan jarak enam kaki atau dua meter belum aman untuk mencegah penularan virus dari satu orang kepada orang lain, tergantung pada bentuk ruangan.

Baca juga: Penting, Udara dalam Ruangan Harus Bersih Selama Pandemi

Temuan dari studi itu menunjukkan partikel yang terinfeksi bisa tertinggal dan menempatkan orang ke dalam awan udara yang mengandung droplet.

Di saat seseorang batuk di koridor atau lorong sempit dan tertutup, awan ini bertahan di sana dan terkonsentrasi, sehingga membahayakan orang lain yang berjalan di lorong tersebut.

"Hal ini jadi tantangan besar dalam menentukan jarak aman untuk tempat dengan ukuran tertentu, seperti koridor yang sangat sempit, karena seseorang bisa jadi menghirup tetesan virus meski pasien berada jauh di depannya."

Demikian bunyi dari studi tersebut.

Tempat-tempat seperti lorong sekolah, area keberangkatan di bandara, dalam pesawat dan kereta, serta koridor di kantor bisa menimbulkan risiko lebih tinggi untuk penyebaran Covid-19, seperti dilaporkan Inverse.

Halaman:
Sumber Best Life


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.