Kompas.com - 18/12/2020, 15:40 WIB
Ilustrasi tanaman hias poinsettia atau kastuba merah. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi tanaman hias poinsettia atau kastuba merah.

KOMPAS.com - Tak lengkap rasanya merayakan Natal tanpa mendekor rumah. Untuk menambah kemeriahan suasana, pohon kastuba atau poinsettia yang berdaun merah sering dijumpai.

Bunga asli Amerika Tengah ini dianggap sebagai bunga resmi Natal. Melansir Reader's Digest, ada legenda Meksiko kuno yang melatarbelakangi hal ini.

Konon dahulu ada seorang gadis muda bernama Pepita. Dirinya sedih karena tidak memiliki hadiah untuk bayi Yesus pada kebaktian Malam Natal.

Sepupu Pepita mencoba menghibur dan berkata Yesus akan menyukai hadiah apa pun darinya, bahkan yang terkecil sekalipun.

Pepita kemudian mengumpulkan ilalang liar selama perjalanan ke gereja. Sesampainya di gereja, dia meninggalkan ilalang di bawah palungan.

Lalu tiba-tiba ilalang itu berubah menjadi bunga berwarna merah yang indah. Dari sinilah kemudian hari Natal identik dengan warna merah dan hijau .

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Hias Poinsettia atau Kastuba Merah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak hari itu, bunga berwarna merah tersebut dikenal dengan istilah "Flores de Noche Buena" atau "Bunga Malam Suci".

Lalu pada awal 1800-an bunga berwarna merah itu diberi nama Amerika oleh duta besar AS yang pertama di Meksiko, Joel Roberts Poinsett. Bunga berdaun merah itu dikenal dengan nama poinsettia.

Tanaman ini sebelumnya tidak menjadi dekorasi tradisional hari raya Natal. Namun, satu abad kemudian, ada keluarga pengusaha yang mempromosikan poinsettia menjadi bunga Natal. Paul Ecke Jr. mengirim tanaman poinsettia gratis ke studio TV di seluruh negeri.

Akhirnya, tren ini menjadi populer dan menjadikan poinsettia sebagai salah satu dekorasi Natal.

Bahkan Kongres AS menyatakan 12 Desember sebagai Hari Poinsettia Nasional. Ini juga sebagai bentuk peringatan kematian Poinsett.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.