Kompas.com - 18/12/2020, 16:09 WIB
Ilustrasi mi instan ShutterstockIlustrasi mi instan

KOMPAS.com – Kuliner pedas memang tak pernah kehilangan peminat. Walau tren makanan berganti-ganti, makanan dengan cita rasa pedas “membakar lidah” akan selalu digandrungi.

Diperkirakan sepertiga orang di dunia mengonsumsi cabai setiap harinya. Indonesia barangkali menyumbang proporsi cukup besar dalam statistic itu, sebab mayoritas makanan tradisional kita menggunakan cabai atau pun lada.

Psikolog dari University of Pennsylvania Paul Rozin mengatakan, penggemar pedas menyukai "rasa terbakar" akibat makan makanan pedas.

Sumber pedas dalam cabai adalah zat capcaisin. Zat ini akan mengikat sejumlah reseptor yang memberi sinyal rasa sakit akibat kepanasan.

Rasa pedas yang ditimbulkan juga akan memerintahkan otak untuk melepas hormone endorphin yang dapat menimbulkan rasa nyaman dan gembira. Perasaan nyaman inilah yang membuat penggemar makanan pedas ketagihan.??

Baca juga: Apakah Makanan Pedas Buruk untuk Pencernaan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teori lain menyebutkan, manusia menyukai rasa pedas karena ada dorongan untuk menaklukkan tantangan.

Tak heran jika beberapa tahun terakhir sempat ramai di media sosial tantangan untuk mengonsumi mi instan pedas dari Korea.

Sensasi pedas jalapeno

Demam mi instan ternyata belum berakhir. Hingga saat ini hampir semua produsen mi instan memiliki varian mi pedas. Yang terbaru adalah mi instan Gaga 100 Extra Pedas.

Product Manager Gaga, Condro Sujalmo menjelaskan, mi instan Gaga sebelumnya telah memiliki tiga varian ekstra pedas yang menawarkan pedasnya cabai jalapeno dari Meksiko.

“Untuk varian terbaru ini kami meluncurkan varian mi instan goreng dengan tingkat kepedasan level 3. Sensasi pedasnya dari cabai Chipotle yang berasal dari Meksiko yang merupakan cabai terpedas di dunia,” katanya.

Sebelumnya, Gaga 100 telah mengeluarkan varian mi dengan tingkat kepedasan level 5 dengan jalapeno Meksiko, level 3 dengan sensasi pedas lada hitam dan level dua dengan kuah soto cabai hijau.

Baca juga: Varian Baru Mi Instan Korea dari Arirang

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.