Kompas.com - 18/12/2020, 17:07 WIB
Ilustrasi kucing yang kegemukan. Benoit Daoust/SHUTTERSTOCKIlustrasi kucing yang kegemukan.

KOMPAS.com - Kucing yang berisi mungkin memang terlihat menggemaskan. Sayangnya, ada beberapa risiko kesehatan serius yang mengintai jika kucingmu mengalami obesitas.

Dokter kucing tersertifikasi dan diplomat American Board of Veterinary Practitionera, Dr. Renee Rucinsky, mengatakan kepada Catster bahwa kucing yang kelebihan berat badan berisiko memiliki masa hidup yang lebib pendek.

Selain itu, masalah kesehatan terkait dapat mematikan bagi kucing serta dapat memakan waktu dan biaya yang besar untuk pengobatannya.

Jadi, disarankan untuk lebih dini melakukan pencegahan. Beberapa risiko kesehatan yang mengintai kucing dengan berat badan berlebih antara lain:

1. Diabetes
Menurut dokter hewan senior dari American Animal Hospital Association (AAHA), Dr. Heather Loenser, kelebihan berat badan pada kucing, meskipun hanya beberapa kilogram saja, dapat meningkatkan risiko diabetes.

Menurut sebuah penelitian, seperti dilansir Pet Coach, kucing yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko 2-4 kali lebih mungkin terkena diabetes.

Perawatan diabetes membutuhkan injeksi insulin seringkali setiap 12 jam, seumur hidup kucing tersebut.

Itu memerlukan komitmen yang besar dan jika bisa dicegah dapat meningkatkan kualitas hidup kucing serta relasinya dengan sang perawat.

Baca juga: Ternyata Kucing Tak Perlu Minum Susu, Simak Penjelasannya

2. Tekanan darah tinggi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa terjadi pada kucing. Kucing dengan berat badan berlebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

Kondisi ini bisa berdampak besar terhadap kesehatan kucing, serta dapat menyebabkan penyakit seperti stroke dan kebutaan karena retina kucing terlepas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X