Kompas.com - 18/12/2020, 17:31 WIB

KOMPAS.com - Selama ini kita menganggap kalau pembentukan otot hanya dilakukan oleh para atlet atau untuk mereka yang ingin menjadikan postur tubuh lebih menarik.

Namun, ada satu fakta lain dari pembentukan otot yang ternyata ternyata dapat mengurasi rasa malas bergerak alias "mager".

Pemilik dari Nurtura Aesthetic & Wellness Clinic Jakarta, Dr Hilwa Saleh Alwaini, BmedSc, DipIAAM mengatakan, pembentukan otot sangat penting dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Manfaat Latihan Kekuatan Otot untuk Ibu Hamil

"Otot itu tidak hanya dipakai untuk berolahraga saja, tetapi juga semua aktivitas yang kita lakukan seperti jalan kaki, mengambil barang, dan lain-lain," kata dia.

"Jadi, kalau otot kita kuat, otomatis itu akan mengurangi rasa 'mager'," sambung dia.

Oleh sebab itu, orang-orang yang gemar berolahraga, terutama yang sering melakukan latihan kekuatan otot jarang sekali 'mager'.

Justru mereka adalah orang-orang yang selalu produktif, serta memiliki semangat tinggi untuk melakukan segala aktivitas.

"Otot yang kuat akan memunculkan keinginan untuk rutin berolahraga dan dapat menunjang aktivitas kita sehari-hari," kata Hilwa.

Secara ilmiah, otot akan mengecil kembali dalam kurun waktu enam bulan kalau tidak pernah dipakai sama sekali.

Baca juga: Pahami, Pentingnya Latihan Kekuatan Otot bagi Perempuan

Menurut Hilwa, otot yang mengecil inilah yang membuat kita sering tidak berenergi dan akhirnya timbul rasa malas.

Di sisi lain, membentuk otot juga dapat membuat daya tahan tubuh lebih sehat karena kita jadi berstamina tinggi.

"Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, kita perlu membentuk otot yang kuat untuk menjaga imunitas, di samping juga dapat mengencangkan kulit," imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.