Kompas.com - 19/12/2020, 16:14 WIB
Ilustrasi bersyukur shutterstockIlustrasi bersyukur
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang di dunia ini sebaiknya mempunyai tujuan hidup, karena itu merupakan hal mendasar untuk melangkah.

Tujuan hidup antara satu orang dengan yang lainnya tentu berbeda. Kendati ada kesamaan tujuan yang diinginkan, proses meraihnya mungkin tidaklah sama.

Akan tetapi, jika dihadapkan pada pertanyaan "apa tujuan hidupmu?", banyak orang kebingungan menjawabnya. Pada akhirnya orang yang tidak mengetahui tujuan hidupnya akan bimbang tanpa arah dan tidak bahagia.

Orang yang tidak punya tujuan cenderung lebih mudah depresi, tidak bersemangat, dan gampang sakit, baik fisik maupun mental. Hal ini mempengaruhi kualitas hidup dan usianya.

Memang butuh waktu untuk menjawab pertanyaan terkait tujuan hidup. Namun, ada keuntungan yang bisa didapat jika kita menemukan jawaban atas pertanyaan itu.

Baca juga: Ini Sebabnya Orang-Orang Optimis Lebih Panjang Umur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

David G. Allan, Editorial Director di CNN Features cenderung merenungkan banyak hal di dunia, seperti yang dijelaskan lewat the Wisdom Project --kumpulan tulisan tentang kebijaksanaan di kehidupannya.

Menurut Allan, latihan sederhana seperti merenung dapat memperpanjang usia seseorang, karena memunculkan semangat dan usaha.

Dua studi terpisah yang diterbitkan pada tahun 2014 juga mendukung fakta tersebut.

Studi pertama melibatkan 9.000 peserta berusia sekitar 65 tahun, sedangkan studi lainnya meneliti 6.000 orang berusia antara 20-75 tahun.

Dari kedua studi itu, ditemukan bahwa peserta yang dapat memahami makna dan tujuan hidup mereka, cenderung hidup lebih lama ketimbang orang yang hidup tanpa tujuan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.