Kompas.com - 19/12/2020, 18:08 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mental pemiliknya selama lockdown Covid-19. SHUTTERSTOCK/Olena YakobchukIlustrasi hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mental pemiliknya selama lockdown Covid-19.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Punya hewan peliharaan seperti anjing tentunya menyenangkan. Selain pintar dan dapat dilatih, anjing adalah hewan yang setia. Tidak heran, jika anjing disebut sebagai sahabat terbaik manusia.

Bagi kamu yang memelihara anjing, ada kabar menggembirakan. Penelitian terbaru menyebutkan, memiliki anjing peliharaan dapat memperpanjang umur seseorang.

Penelitian yang diterbitkan ke dalam jurnal Scientific Reports mengumpulkan data pada 3,4 juta orang berusia 40-80 tahun, dan membandingkan peserta dengan para pemilik anjing di Swedia selama 11 tahun.

Secara keseluruhan, pemilik anjing --khususnya jenis anjing pemburu-- memiliki risiko kematian lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular, menurut para peneliti.

Baca juga: Kenali Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Hal itu juga berlaku untuk orang-orang yang tinggal sendirian. Studi terdahulu mengungkap, hidup sendiri dapat memperpendek usia.

Namun orang yang tinggal bersama anjing memiliki kemungkinan 33 persen lebih rendah untuk meninggal dunia lebih dini.

Pemilik anjing juga mempunyai risiko 11 persen lebih rendah terkena serangan jantung, ketimbang mereka yang tidak memelihara anjing.

Menurut para peneliti, anjing peliharaan memberikan manfaat secara dua arah.

Dengan adanya anjing di rumah, orang akan lebih aktif secara fisik, dan orang yang aktif juga lebih cenderung mempunyai anjing.

Baca juga: Ketahuilah, Pelihara Anjing Bisa Bantu Kesehatan Jantung

Anjing peliharaan juga bisa meningkatkan interaksi sosial dan kegembiraan seseorang, yang dapat memperpanjang umur.

Seekor anjing bahkan dapat mengubah mikrobioma bakteri pemilik dengan memaparkannya ke bakteri asing, yang meningkatkan sistem kekebalan mereka terhadap penyakit.

"Memelihara anjing memiliki banyak manfaat, dan sekarang kita bisa melihat kesehatan jantung yang lebih baik sebagai salah satunya," kata Dr Mike Knapton dari British Heart Foundation.

"Namun, seperti yang disetujui banyak pemilik anjing, alasan utama memelihara anjing adalah kegembiraannya."

Baca juga: Belajar dari Joe Biden soal Manfaat Pelihara Anjing



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X