Kompas.com - 20/12/2020, 09:50 WIB
Seorang pasien sedang melakukan perawatan Pluryal Skin Booster di klinik Dermaster. Dok. DermasterSeorang pasien sedang melakukan perawatan Pluryal Skin Booster di klinik Dermaster.

KOMPAS.com - Perawatan kulit wajah selama ini identik dengan kaum hawa. Padahal, tampilan kulit yang sehat juga diperlukan oleh para pria.

Termasuk dalam perawatan di klinik kecantikan. Salah satu jenis perawatan yang banyak digemari adalah perawatan anti aging (anti-penuaan).

Meskipun jumlah pasien pria di klinik masih lebih sedikit dibandingkan wanita.

"Akhir-akhir ini mulai meningkat dibanding sebelumnya. Persentasenya 5-10 persen, lah. Masih didominasi oleh perempuan," ungkap Head Doctor Klinik Dermaster Cabang Pantai Indah Kapuk, dr. Deffina Widjanarko kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Para pria tak perlu malu untuk melakukan perawatan kulit di klinik.

Menurut Deffina, dengan kemajuan zaman dan teknologi, menjaga penampilan juga menjadi hal penting tidak hanya untuk wanita, tetapi juga untuk pria.

Itulah mengapa sebagian pria juga sudah mulai melakukan perawatan anti aging di klinik sejak usia muda.

"Melakukan perawatan sejak dini juga meningkatkan kepercayaan diri dan fungsinya banyak sekali di berbagai bidang," ucapnya.

Baca juga: Perawatan Anti Aging yang Diperlukan Jelang Usia 30 Tahun

Lalu, apa saja perawatan anti aging yang diperlukan pria?

Menurut Deffina, tidak ada perbedaan signifikan untuk perawatan kulit pria dan wanita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X