Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2020, 20:54 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Memelihara tanaman di rumah memiliki beragam manfaat, mulai dari membersihkan ruangan, mempercantik ruangan, hingga membangkitkan suasana hati.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang begitu bersemangat mengoleksi tanaman dan ingin membuat ruangan di rumahnya penuh dedaunan hijau yang menyegarkan mata.

Namun, ternyata tidak semua ruangan ternyata baik untuk meletakkan tanaman.

Beberapa ahli feng shui mengungkapkan mengapa tanaman tidak disarankan untuk diletakkan di kamar tidur dan dapat membuang energi positif.

"Tanaman sangatlah aktif dan merepresentasikan pertumbuhan, maka tanaman mungkin tidak cocok untuk ruangan yang pasif, tenang dan hening," ungkap master feng shui dan instruktur kelas Mind Body Green, Dana Claudat.

Diana menjelaskan, ada banyak cara lain untuk membawa beberapa keajaiban alam ke kamar tidur, selain meletakkan tanaman.

Beberapa di antaranya termasuk berinvestasi dengan seprai katun organik, menghadiahi diri dengan buket bunga setiap minggunya, atau memasang lampu dengan cahaya merah coral yang hangat.

Konsultan feng shui lainnya, Amanda Gibby Peters, sepakat bahwa tanaman hias dapat membawa banyak energi aktif (dalam feng shui dikenal sebagai Yang) ke ruangan yang lebih pasif (Yin).

Menurutnya, tanaman yang diletakkan di kamar tidur terkadang bisa menyebabkan masalah tidur.

Kepada kliennya, Amanda kerap menyarankan untuk mengganti tanaman hias yang lebih besar dengan yang lebih kecil atau menyarankan untuk menampilkan citra landskap kayu alih-alih tanaman.

"Suasana itu akan memberikan kamar tidur nuansa tenang tanpa gangguan di malam hari," ucapnya.

Amanda juga merekomendasikan untuk mempertimbangkan benda-benda bernuansa alam lainnya, seperti kristal atau batu-batuan sungai.

Anda juga bisa mengkreasikan ranting-ranting sebagai tempat display aksesori, seperti kalung, atau menggunakan kristal kuarsa yang cantik sebagai pemberat di atas tumpukan kertas atau buku.

Baca juga: Menurut Feng Shui, Hindari Memelihara 3 Jenis Tanaman Ini di Rumah

Sementara pakar feng shui Marianne Gordon menyarankan untuk membawa nuansa alam bebas dengan membiarkan beberapa furnitur dari kayu alami untuk tidak dicat.

Lalu, bagaimana jika saat ini sudah ada tanaman di kamar Anda?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com