Kompas.com - 21/12/2020, 09:44 WIB
Editor Wisnubrata

Air fryer adalah alat memasak yang digunakan untuk menggoreng makanan tanpa merendamnya dalam minyak.

Dalam mengolah makanan dengan air fryer, kita hanya memerlukan sedikit minyak atau bahkan tidak sama sekali.

Diklaim lebih sehat dari menggoreng biasa, banyak orang kini berbondong-bondong membeli air fryer dan benda ini menjadi hype di kalangan pencinta hidup sehat.

Tapi sebenarnya, sehatkah menggoreng dengan air fryer?

Mengenal apa itu air fryer

Air fryer merupakan alat memasak tanpa atau sedikit minyak untuk menggoreng berbagai makanan. Makanan yang bisa digoreng dengan air fryer termasuk daging, nugget, kentang, dan banyak bahan-bahan lain.

Dari pengertian di atas, hal yang menarik dari alat ini tentu saja bahwa kita bisa memasak makanan tanpa menggunakan minyak, atau sedikit saja minyak.

Meski begitu, makanan yang diolah dengan air fryer akan mirip dengan makanan yang digoreng di wajan, termasuk dari segi teksturnya.

Air fryer bekerja dengan meniup dan mengedarkan udara panas di sekeliling makanan sehingga bisa matang dengan cepat. Cara kerja tersebut mirip dengan oven konveksi.

Cara ini juga menghasilkan reaksi kimia yang disebut efek Maillard. Efek ini terjadi ketika asam amino dan sebuah gula pereduksi bereaksi dalam suhu yang tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.