Kompas.com - 21/12/2020, 10:30 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penggunaan gadget dapat memberi manfaat dalam kemudahan mengakses informasi.

Namun, penggunaan gadget perlu dibatasi, terutama pada anak. Jika anak kecanduan main gadget, hal itu berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya.

Sudah menjadi kewajiban para orangtua untuk mengatur kapan anak boleh bermain gadget, dan memperhatikan game apa yang dimainkan anak.

Pasalnya, saat ini hampir semua online game memiliki opsi in-app purchase atau pembelian di dalam aplikasi untuk item atau konten tertentu.

Sudah banyak kasus di mana anak diam-diam menghabiskan uang untuk online game. Seperti yang terjadi di AS belum lama ini.

Seorang wanita di Wilton, Connecticut, AS, mengatakan, anaknya yang berusia enam tahun menghabiskan ribuan dollar AS untuk membeli item dalam aplikasi dari video game favoritnya.

Kepada program acara "Good Morning America", wanita bernama Jessica Johnson menceritakan putranya, George, menghabiskan total 16.293,10 dollar AS atau sekitar Rp 230 juta di Apple App Store.

Biaya sebesar itu dikeluarkan untuk membeli item cincin di game Sonic Forces.

Baca juga: Kecanduan Gadget dan Game Online Itu Nyata

 

Johnson menyebutkan, anaknya bisa berbelanja karena akun PayPal miliknya sudah dihubungkan ke perangkat iPad.

Johnson lalu membagikan pengalamannya di grup Facebook yang berisi para ibu. Ia berharap insiden ini tidak terjadi pada orang lain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.