Kompas.com - 21/12/2020, 11:57 WIB
Ilustrasi work from home (Dok. SHUTTERSTOCK/ASIANDELIGHT) Ilustrasi work from home

KOMPAS.com - Banyak orang bekerja di rumah selama masa pandemi. Sayangnya, tidak semua orang memiliki cukup ruang di tempat tinggalnya untuk membuat ruang kerja yang mumpuni.

Oleh karena itu, banyak orang mengubah kebiasaannya, dari yang sebelumnya mungkin bekerja di meja kerja menjadi bekerja di atas tempat tidur.

Jika dilakukan sesekali saja, hal ini mungkin tak menjadi masalah. Namun, kebiasaan ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika dilakukan secara rutin dalam waktu yang lama, baik secara fisik maupun mental.

Berikut enam masalah kesehatan yang mengintai bagi Anda sering bekerja di atas kasur, seperti dilansir LiveStrong:

1. Sakit punggung
Ketika Anda terbiasa bekerja di atas tempat tidur, tidak hanya punggung yang berisiko sakit, tetapi juga pinggul dan bokong.

"Ketika bekerja di atas tempat tidur, Anda tidak memiliki tempat untuk kaki sehingga pada akhirnya kaki akan direntangkan ke depan atau disilangkan."

"Posisi ini berpotensi menimbulkan ketegangan pada sendi sakroiliaka yang menghubungkan tulang belakang ke pinggul," ungkap pemilik Physical Therapy di New York City, Theresa Marko.

Anda juga berisiko merasakan otot kaku dan tegang karena kaki yang selalu tertekuk atau terlipat dalam posisi bekerja ini.

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan tersebut bisa membuat otot memendek, sama seperti pada kasus memakai sepatu hak tinggi setiap hari.

Bekerja di atas sofa juga berpotensi menyebabkan sakit punggung, tetapi karena sofa sangat rendah ke lantai sehingga dapat menimbulkan ketegangan pada punggung bagian bawah.

Baca juga: Awas, Ini Efek Negatif akibat Duduk Terlalu Lama

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber LiveStrong
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X