drg. Citra Kusumasari, SpKG (K), Ph.D
dokter gigi

Menyelesaikan Program Doktoral di bidang Kariologi dan Kedokteran Gigi Operatif (Cariology and Operative Dentistry), Tokyo Medical and Dental University, Jepang.

Sebelumnya, menempuh Pendidikan Spesialis Konservasi Gigi di Universitas Indonesia, Jakarta dan Pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Berpraktik di berbagai rumah sakit dan klinik di Jakarta. Ilmu karies, estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi adalah keahliannya.

Mencari Dokter Gigi Terbaik di Kota Anda

Kompas.com - 21/12/2020, 12:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

TERKADANG kita bingung harus pergi ke dokter gigi mana untuk melakukan kontrol gigi rutin, pemasangan kawat gigi, mencabut gigi geraham bungsu yang mengganggu, mengobati sariawan di mulut atau merawat gigi anak yang patah akibat terbentur lantai.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui dokter gigi yang kita pilih sudah tepat dan apakah kompetensi-nya sesuai dengan kebutuhan kasus gigi kita?

Sebagian besar dari kita mungkin akan menjawab dengan cara mencari di internet atau bertanya kepada teman yang sudah pernah mendatangi dokter gigi tersebut. Meskipun demikian, tetap ada beberapa pertimbangan yang perlu anda ketahui sebelum memilih dokter gigi untuk perawatan gigi Anda.

Ketika Anda mencari seorang dokter gigi, Asosiasi Dokter Gigi Amerika merekomendasikan cara sebagai berikut:

1. Bertanya kepada keluarga, teman atau tetangga anda atas rekomendasi mereka.
2. Bertanya kepada dokter keluarga atau farmasi langganan Anda.
3. Jika Anda pindah ke kota lain, tanyakan rekomendasi dokter gigi baru di kota Anda kepada dokter gigi lama.
4. Hubungi asosiasi dokter gigi di kota atau negara Anda.

Baca juga: Sakit Gigi seperti Apa yang Dianggap Darurat dan Perlu ke Dokter Gigi?

Hal-hal yang harus dipertimbangkan saat memilih dokter gigi di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Carilah dokter gigi yang memiliki surat izin praktik.
Anda dapat melihat sertifikasi dokter gigi melalui situs resmi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) yaitu https://sertifikasi.pdgi.or.id/cek-dokter-gigi.

PDGI mewajibkan dokter gigi untuk mematuhi kode etik dan perilaku profesional tertentu saat menangani pasien. Sehingga dengan Anda memilih dokter gigi yang terdaftar di PDGI, maka Anda akan menjalani perawatan gigi dengan aman, terpercaya dan ditangani oleh dokter gigi sesuai kompetensi di bidangnya.

2. Pilihlah dokter gigi sesuai kebutuhan.
Tidak setiap dokter gigi memiliki kompetensi untuk menangani perawatan yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui beberapa keahlian atau spesialisasi yang ada di bidang kedokteran gigi. Dokter gigi spesialis memiliki surat izin praktik sesuai dengan spesialisasinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.