Kompas.com - 21/12/2020, 14:54 WIB
Ilustrasi produk kosmetik vegan shutterstockIlustrasi produk kosmetik vegan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kosmetik dan produk perawatan tubuh dengan label keterangan ‘vegan’ rupanya semakin banyak diminati.

Riset yang dilakukan oleh Mintel, sebuah perusahaan riset ritel, menunjukaan bahwa penjualan produk kosmetik vegan terus mengalami peningkatan. Pasar utamanya adalah konsumen yang sangat peduli akan kesejahteraan hewan.

Apa yang dimaksud dengan kosmetik vegan?

Label vegan pada produk kosmetik merujuk pada bahan atau komponen produk yang bebas produk hewani. Oleh karena itu, di dalam produk tidak ada bahan-bahan turunan hewani.

Menurut Grand View Research Institute USA, angka penjualan kosmetik vegan secara global akan terus meningkat dan mencapai 20.8 Miliar dollar di tahun 2025.

Vegan sendiri telah menjadi sebuah tren kecantikan yang mendunia seiring dengan berkembangnya istilah safety, healthy, dan clean beauty.

Karenanya banyak perusahaan kini berusaha mengadopsi tren tersebut. Salah satunya adalah PT Cosmax Indonesia yang memperoleh sertifikat vegan dari Expertise Végane Europe (EVE) pada 25 November 2020 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sertifikasi ini menjadikan PT Cosmax Indonesia sebagai perusahaan produsen kosmetik pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi EVE Vegan. Adapun perusahaan ini membuat berbagai produk milik brand ternama dari luar dan dalam negeri.

Sertifikasi ini diberikan atas usaha perusahaan dalam memberikan jaminan untuk tidak melibatkan hewan, baik dalam proses perolehan bahan baku, kemasan, maupun seluruh proses produksi dan inovasi.

“Dengan menambahkan sertifikasi vegan sebagai salah satu penunjang sertifikasi halal, maka perusahaan dapat menyediakan kebutuhan dan keinginan terhadap clean & safe cosmetics kepada pelanggan di Indonesia,” jelas Cheong Min Kyoung, Presiden Direktur PT Cosmax Indonesia.

Expertise Végane Europe (EVE) yang lebih dikenal sebagai EVE Vegan, merupakan organisasi independen berbasis di Perancis yang memiliki spesialisasi di bidang kontrol produk-produk vegan.

Sertifikasi EVE Vegan menjadi jaminan bahwa produk-produk yang dihasilkan bebas dari sumber hewani (termasuk produk hewan hasil pembibitan, pembantaian, perburuan, dan penangkapan), dan tidak melakukan pengujian pada hewan.

Dengan menggunakan produk vegan, kita tidak saja menyelamatkan banyak hewan dari kematian, namun juga ikut berperan dalam menjaga kelestarian alam.

Baca juga: Perbedaan Produk Cruelty Free dan Vegan dalam Kosmetik



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X