Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2020, 17:41 WIB

KOMPAS.com – Merek sepatu Aldo memperkenalkan koleksi Aldo Love Planet yang ramah lingkungan. Merek asal Kanada ini menggunakan teknologi yang mampu menciptakan sol sepatu yang berasal dari sumber yang berkelanjutan.

Teknologi CleanStep yang dipakai oleh Aldo merupakan campuran dari karet termoplastik dan biomassa alga dengan komposisi 50:50.

Biomassa alga adalah bahan yang tidak hanya membantu membersihkan dan menyaring air yang tercemas, tapi juga mencegah C02 memasuki atmosfer.

Aldo Shoes kini bisa didapatkan secara online di situs resminya.Dok Aldo Aldo Shoes kini bisa didapatkan secara online di situs resminya.
Marketing Manager Aldo Shoes Indonesia, Salli Sabarrang menjelaskan, alga adalah salah satu tanaman dengan pertumbuhan tercepat di dunia, menjadikannya sumber daya yang sempurna untuk menciptakan bahan yang berkelanjutan.

“Untuk sepatu sneakers, sandal, atau boots, ganggang tidak membutuhkan bahan bakar fosil atau tanah subur untuk tumbuh, yang berarti membantu menghindari jutaan ton sampah agar tidak sampai ke tempat pembuangan sampah,” katanya.

Baca juga: Melirik Kapas yang Berkelanjutan untuk Cegah Kerusakan Lingkungan

Ada pun langkah pembuatannya adalah setelah alga dipanen dan dikeringkan di bawah matahari, kemudian akan tercipta dried algae flakes yang kokoh.

Selanjutnya, bahan itu digiling menjadi serpihan dan dicampur dengan termoplastik yang digunakan untuk membuat bahan karet ramah lingkungan.

Penjualan online

Pada awal Desember 2020, Aldo juga meluncurkan situs penjualan online, aldoshoes.co.id sehingga penggemar brand ini bisa lebih mudah berbelanja.

“Tak hanya sepatu pria dan wanita, para pecinta Aldo juga bisa membeli tas, aksesoris, hingga perawatan sepatu,” kata Salli.

Menurut dia, Aldo juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, termasuk pengambilan barang yang sudah dipesan di toko-toko offline Aldo.

Baca juga: Tips Menerapkan Fesyen Berkelanjutan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.