BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Blackshark

Wow! Hobi Ngasih Hadiah Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Kompas.com - 22/12/2020, 18:48 WIB
Ilustrasi memberikan kado Natal. Shutterstock/Dragon ImagesIlustrasi memberikan kado Natal.
|

 

KOMPAS.com – Memberikan hadiah menjadi tradisi sebagian orang saat merayakan momen penting. Misalnya, Natal dan Tahun Baru yang akan tiba sebentar lagi.

Menariknya, tak sekadar sebagai penyemarak selebrasi, tindakan tersebut ternyata punya manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hadiah atau kado dalam bentuk apa pun dapat menciptakan rasa bahagia, baik bagi si penerima maupun si pemberi. Akan tetapi, riset yang dimuat Huffington Post, Senin (20/12/2018), menemukan bahwa kebahagiaan saat memberi akan terasa lebih lama dibandingkan ketika menerima.

Perasaan bahagia itu ternyata berefek pada kesehatan tubuh, bahkan memperbaiki beberapa gangguan kesehatan. Misalnya saja pada penderita tekanan darah tinggi.

Dalam studi Department of Psychology University of British Columbia yang dilansir Kompas.com, Selasa (11/1/2016), memberi hadiah akan membantu menurunkan tensi darah pada penderita hipertensi.

“Ini menunjukkan kepada kita bahwa membantu orang lain mungkin bisa meredakan stres dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga membuat mental maupun fisik menjadi lebih sehat,” kata Ashley Whillans yang merupakan psikolog dan periset dalam penelitian tersebut.

Bukan itu saja. Penelitian yang dipublikasikan di JAMA Pediatric pada April 2013 menemukan, orang yang gemar memberikan hadiah dan membantu tanpa pamrih memiliki tingkat kolesterol dan potensi risiko pembengkakan jantung yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak suka berbagi.

Dalam hal hubungan, baik keluarga, kekasih, maupun rekan, hadiah akan membantu mempererat koneksi yang sudah terjalin.

Bagaimana? Semakin mantap untuk memberi kado untuk orang tersayang? Jika ya, selanjutnya Anda tinggal memilih barang yang bisa dijadikan hadiah. Untuk memudahkan pilihan, berikut beberapa rekomendasi yang dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

Tanaman dalam pot

Aktivitas bercocok tanam tengah tren belakangan ini. Jika orang yang hendak Anda beri hadiah merupakan pecinta tanaman atau sedang menekuni hobi itu, tanaman dalam pot adalah jawabannya.

Tak sulit menemukan benda itu, Anda bisa mencarinya di toko khusus tanaman, mal, atau membelinya pada platform belanja online. Pilihannya bisa berupa tanaman hias atau tumbuhan produktif seperti buah atau sayuran.

Produk perawatan tubuh

Menjelang hari perayaan, sejumlah produsen perawatan tubuh menyediakan paket hamper dalam berbagai ukuran. Anda bisa menjadikan barang ini sebagai pemberian untuk orang terkasih.

Seperti diketahui, produk perawatan tubuh identik dengan wewangian. Untuk memberikan efek menenangkan pada si penerima, ada baiknya pilih produk yang memiliki aromaterapi.

Busana rumahan

Meski tahun ini kebanyakan orang kini lebih banyak beraktivitas di rumah, bukan berarti urusan busana tidak jadi perhatian. Sebaliknya, koleksi lazywear tengah naik daun karena meningkatnya kebutuhan orang akan pakaian rumahan yang nyaman dan modis.

Berdasarkan temuan Business of Fashion yang dimuat Kompas.com, Rabu (3/8/2020), semenjak April 2020, kata kunci pencarian loungewear atau lazywear meningkat tajam dibandingkan kata kunci pencarian workwear.

Dengan begitu, ide memberikan pakaian rumahan bisa jadi pilihan. Agar semakin menarik, Anda bisa sertakan sandal rumah berwarna senada.

Aksesori gadget

Kendati terkesan simpel dan selama bentuknya menarik, gantungan ponsel atau hard case maupun soft case juga bisa menjadi kado Natal dan Tahun baru.

Jika dana sedang memadai, membelikan satu unit smartphone bisa jadi pertimbangan. Terlebih, bila sang penerima hadiah merupakan penggemar mobile gaming.

Pada dasarnya semua smartphone bisa digunakan untuk bermain game. Namun, tak semuanya mampu mendukung permainan, seperti role playing games (RPG), battle royale games, simulation, strategy, dan action yang umumnya memiliki ukuran file lebih dari 1 GB dengan grafis lumayan berat.

Untuk mendapatkan pengalaman seru saat bermain mobile game, smartphone mesti punya chipset terbaik, Random Access Memory (RAM) berkapasitas besar, ruang penyimpanan luas, baterai tahan lama, layar beresolusi tinggi, sistem pendinginan, serta kelengkapan periferal.

Salah satu smartphone yang tepat buat kado Natal dan Tahun Baru untuk mobile gamers adalah Black Shark 3 series yang terdiri dari Black Shark 3, Black Shark 3 Pro, dan Black Shark 3S.

Sebagai informasi, Black Shark 3 series sudah resmi masuk pasar Indonesia sejak Mei 2020. Meski pemain baru, merek ini mampu menduduki peringkat 10 dengan skor 575.808 di AnTuTu.

Seluruh tipe Black Shark seri 3 dilengkapi dapur pacu dengan chipset Qualcomm Snapdragon 865, RAM berkapasitas mulai dari 8 GB hingga 12 GB, serta memori internal berukuran maksimum 256 GB.

Secara tampilan, layar ponsel tersebut juga sudah mengadopsi teknologi AMOLED yang mendukung refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 270 Hz. Dengan begitu, perpindahan antar-aplikasi atau antarsisi terasa begitu cepat.

Agar momen bermain game terasa lebih lama, Black Shark seri 3 dibekali baterai ganda berkapasitas 4.720 mAh dan berteknologi 65W Hyper-Charge. Adapun fitur ini memungkinkan daya ponsel bisa terisi 50 persen hanya dalam 12 menit dan 100 persen dalam waktu 38 menit.

Tak kalah penting, pada semua seri Black Shark 3 sudah tertanam sistem pendingin sehingga ponsel tak mudah panas saat digunakan untuk bermain game.

Soal kamera, Black Shark 3 tak perlu diragukan. Tiga kamera belakang dengan lensa utama 64 MP, lensa ultrawide 13 MP, dan lensa depth sensor 5 MP, serta kamera depan dengan resolusi 20 MP siap diandalkan dalam mengabadikan momen.

Menyambut momen spesial Natal dan Tahun Baru, Black Shark juga memberikan tambahan kado menarik untuk setiap pembelian Black Shark 3 tipe tertentu pada e-commerce rekanan. Sebut saja funcooler, topi, dan gantungan kunci untuk Black Shark 3 8+128 GB.

Kemudian, funcooler, left gamepad V2 holder, kaos, dan mouse pad, serta gantungan kunci untuk setiap pembelian Black Shark 12+256 GB.

Adapun situs e-commerce yang bekerja sama dengan Black Shark antara lain Tokopedia, Shopee, Blibli.com, JD ID, dan Lazada.

Jadi, apakah Anda sudah menemukan hadiah Natal yang tepat?

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya