8 Tips Merawat Tanaman Hias Dieffenbachia

Kompas.com - 23/12/2020, 10:15 WIB
Ilustrasi Dieffenbachia atau daun bahagia shutterstockIlustrasi Dieffenbachia atau daun bahagia
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dieffenbachia atau yang dikenal sebagai daun bahagia atau dumb cane merupakan tanaman hias dengan beragam varietas.

Tanaman hias ini dapat hidup dan berkembang dengan mudah, tetapi diketahui memiliki beberapa senyawa beracun bagi manusia maupun hewan peliharaan.

Jadi, meskipun tanaman ini membuat tampilan tropis yang indah di rumah, kita tetap harus memiliki pengetahuan yang baik tentang cara merawatnya.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, simak beberapa tips merawat tanaman hias dieffenbachia, seperti yang dilansir dari laman Trees berikut ini.

1. Cegah penyiraman berlebihan

Tanaman dieffenbachia akan mendapat manfaat dari penyiraman yang banyak dengan periode singkat, di mana tanah dibiarkan mengering sebagian.

Di antara penyiraman, periksa tanah untuk melihat apakah sudah waktunya untuk penyiraman lagi. Sekitar 2,5 cm di bagian atas tanah harus kering, sementara yang di bawahnya lembab.

Jika lapisan atas tanah telah mengering, kita dapat menyiram tanaman lagi dan mengulangi siklusnya.

Frekuensi yang dibutuhkan untuk menyiram dieffenbachia tergantung pada varietas, ukuran tanaman, musim, dan kondisi di mana kita menanamnya.

Secara umum, tanaman membutuhkan lebih sedikit air selama musim penghujan. Sementara, di musim kemarau biasanya ia membutuhkan lebih sering penyiraman.

Halaman:


Sumber Trees
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X