Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Langkah-langkah Mengganti Pot untuk Tanaman Monstera

Kompas.com - 23/12/2020, 11:14 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu tanaman hias klasik monstera atau yang sering disebut sebagai swiss cheese plant memiliki keindahan dari daunnya yang besar. Selain itu, tanaman ini mudah sekali tumbuh.

Namun, setiap beberapa tahun kita harus mengganti potnya untuk memastikan agar nutrisi tanahnya memadai dan tanaman yang tumbuh dengan cepat ini mendapatkan ruang.

Monstera tumbuh subur di sebagian besar interior rumah. Tanaman ini juga bertangkai tebal yang menopang dirinya sendiri pada vegetasi lain di alam dan menghasilkan akar yang panjang dari batang untuk melengkapi penyangga tersebut.

Tanaman hias satu ini mungkin membutuhkan pengaturan, tetapi mereka masih menghasilkan akar yang kaku dari batangnya. Ini menjadi suatu tantangan dalam mengganti potnya.

Waktu yang tepat mengganti pot

Perawatan tanaman monstera adalah perawatan yang relatif rendah. Tanaman ini membutuhkan suhu ruangan yang hangat, setidaknya 65°F (18°C) atau lebih hangat.

Monstera juga membutuhkan tanah yang memiliki kelembapan tinggi. Akar udaranya membutuhkan sesuatu untuk digenggam, jadi tiang kayu yang ditaruh di tengah pot akan memberikan dukungan ekstra.

Mengganti pot monstera bisa dilakukan setiap tahun saat tanaman masih muda untuk mendorong pertumbuhan dan kesegaran tanah.

Naikkan ukuran pot mulai dari yang kecil sampai yang paling besar sesuai pertumbuhan tanaman. Setelah itu, tanaman membutuhkan lapisan atas yang segar dari tanah yang subur setiap tahun.

Baca juga: Segala Hal tentang Monstera Deliciosa yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi tanaman hias Monstera variegataSHUTTERSTOCK/DENISE1203 Ilustrasi tanaman hias Monstera variegata
Cara mengganti pot

Monstera adalah tanaman hutan tropis karena itu tanaman ini membutuhkan tanah yang kaya nutrisi untuk kelembapan.

Pakailah tanah dengan kualitas yang baik atau kita bisa menambahkannya dengan beberapa lumut gambut.

Kemudian, pilih pot yang memiliki banyak lubang drainase dan kedalaman yang cukup untuk menampung akar yang tebal. Isi sepertiga bagian bawah pot dengan campuran tanah dan taruh tiang di tengah.

Mengganti pot monstera yang sangat besar dan tinggi akan membutuhkan tenaga ekstra untuk membantu menopang bagian atas tanaman selama proses memindahkan ke pot baru.

Atur akar tanaman ke dalam wadah, sehingga dasar tanaman menyentuh dasar pot. Penuhi media di sekitar akar dasar dan semua akar udara yang mencapai tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com