Kompas.com - 23/12/2020, 11:14 WIB
Tanaman Monstera pinteresTanaman Monstera
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu tanaman hias klasik monstera atau yang sering disebut sebagai swiss cheese plant memiliki keindahan dari daunnya yang besar. Selain itu, tanaman ini mudah sekali tumbuh.

Namun, setiap beberapa tahun kita harus mengganti potnya untuk memastikan agar nutrisi tanahnya memadai dan tanaman yang tumbuh dengan cepat ini mendapatkan ruang.

Monstera tumbuh subur di sebagian besar interior rumah. Tanaman ini juga bertangkai tebal yang menopang dirinya sendiri pada vegetasi lain di alam dan menghasilkan akar yang panjang dari batang untuk melengkapi penyangga tersebut.

Tanaman hias satu ini mungkin membutuhkan pengaturan, tetapi mereka masih menghasilkan akar yang kaku dari batangnya. Ini menjadi suatu tantangan dalam mengganti potnya.

Waktu yang tepat mengganti pot

Perawatan tanaman monstera adalah perawatan yang relatif rendah. Tanaman ini membutuhkan suhu ruangan yang hangat, setidaknya 65°F (18°C) atau lebih hangat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Monstera juga membutuhkan tanah yang memiliki kelembapan tinggi. Akar udaranya membutuhkan sesuatu untuk digenggam, jadi tiang kayu yang ditaruh di tengah pot akan memberikan dukungan ekstra.

Mengganti pot monstera bisa dilakukan setiap tahun saat tanaman masih muda untuk mendorong pertumbuhan dan kesegaran tanah.

Naikkan ukuran pot mulai dari yang kecil sampai yang paling besar sesuai pertumbuhan tanaman. Setelah itu, tanaman membutuhkan lapisan atas yang segar dari tanah yang subur setiap tahun.

Baca juga: Segala Hal tentang Monstera Deliciosa yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi tanaman hias Monstera variegataSHUTTERSTOCK/DENISE1203 Ilustrasi tanaman hias Monstera variegata
Cara mengganti pot

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X