Kompas.com - 23/12/2020, 12:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Setiap kali membeli bahan makanan kita harus mengecek tanggal kedaluarsa dan juga bahan-bahan yang digunakannya.

Tapi, ternyata ada juga bahan makanan yang tidak akan pernah rusak dan dapat disimpan selama bertahun-tahun.

Mau tahu apa saja? Berikut ini ada 11 bahan makanan yang tidak pernah kedaluwarsa, seperti dilansir dari laman Reader's Digest.

1. Madu mentah

Madu memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk perawatan luka dan antibakteri.

Bagian terbaiknya adalah madu tidak akan pernah mengalami masa kedaluwarsa. Faktanya, banyak arkeolog yang menemukan honeypots berusia ribuan tahun di makam Mesir kuno.

Menurut Smithsonian, gula, tingkat kelembapan rendah, keasaman berlebihan, asam glukonat alami, dan hidrogen peroksida alami adalah kunci umur panjangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Benarkah Madu Bisa Redakan Batuk?

2. Cuka

Selain memberikan cita rasa khas pada makanan dan beberapa manfaat kesehatan, cuka apel juga bisa bertahan di dapur selamanya.

Cuka putih, cuka balsamic, cuka raspberry, cuka anggur beras, dan cuka anggur merah juga tidak memiliki tanggal kadaluwarsa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X