Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fakta Jaket Parka Biru 6 Menteri Baru Jokowi yang Tengah Viral

Kompas.com - 23/12/2020, 16:49 WIB
Reni Susanti,
Wisnubrata

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Belum lama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merombak kabinetnya. Ia mengumumkan enam menteri barunya.

Keenam menteri itu yakni Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, dan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Kemudian Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta M Lutfhi sebagai Menteri Perdagangan.

Keenam menteri tersebut mengenakan kemeja putih dipadukan dengan jaket parka berwarna biru. Ternyata, jaket anti-air ini memiliki sejumlah fakta unik.

1. Unisex

Uniqlo Indonesia PR, Stefanie Saragih, mengatakan, jaket parka ini dapat digunakan oleh segala usia, baik pria maupun wanita.

Sesuai fungsinya, jaket ini dapat digunakan kapan pun dan di mana pun karena mampu melindungi tubuh dari bahaya radiasi sinar UV dan melindungi tubuh dari terpaan angin juga hujan.

Jaket yang dikenakan para menteri baru Jokowi rupanya bermerk Uniqlo. Dok UNIQLO Jaket yang dikenakan para menteri baru Jokowi rupanya bermerk Uniqlo.
2. UV cut material

Salah satu kelebihan jaket ini adalah UV cut material untuk meningkatkan fungsionalitas yang dapat melindungi tubuh dari bahaya sinar UV.

"Bagi kita yang tinggal di negara tropis, pada umumnya membutuhkan pakaian yang saat dipakai tidak membuat gerah di tubuh, gampang dirawat artinya tanpa disetrika, pakaian tidak kusut," ujar Stefanie dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

Di sisi lain, jaket juga membutuhkan pakaian yang dapat melindungi dari terpaan hujan dan angin.

Di sinilah material UV cut ditambahkan untuk melengkapi fungsi jaket itu sendiri. Jaket ini pun diklaim memiliki material nyaman yang kulit tetap dapat bernapas.

Material UV-blocking pada jaket ini terdapat di berbagai titik. Walaupun tipis, material ini bekerja mencegah sinar UVA menembus dermis kulit dan menengah sinar UVB untuk sampai ke epidermis.

3. Lapisan anti-air

Jaket ini memiliki lapisan anti air yang mempu melindungi tubuh dari hujan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com