Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Hal-hal Kecil Ini Jika Merasa Kesepian di Akhir Tahun

Kompas.com - 24/12/2020, 06:09 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak diragukan lagi, musim liburan akhir tahun ini akan berbeda dengan musim liburan lainnya yang pernah kita alami.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pandemi yang tak kunjung usai menyebabkan dampak isolasi sosial akan lebih nyata dari biasanya. Terpisah dari keluarga dan sahabat membuat banyak orang rentan mengalami kesepian.

Meskipun kesepian tidak diklasifikasikan sebagai kondisi kesehatan mental yang dapat didiagnosis, kesepian bisa diperburuk oleh kondisi kesehatan emosional dan fisik.

Nah, untuk mengelola rasa kesepian agar tidak memburuk, beberapa terapis menyarankan kita melakukan hal-hal kecil saat liburan selama tahun yang sulit ini.

1. Berkumpul secara virtual

Solusi pertama adalah tetap berhubungan dengan orang yang kita cintai seperti keluarga atau sahabat dekat melalui obrolan video, panggilan telepon, maupun aplikasi meeting online.

Pertemuan virtual adalah alternatif yang sederhana, efektif, dan aman untuk berkumpul bersama, yang bisa sedikit mengurangi rasa kesepian.

Baca juga: Berencana Liburan? Ingat Lagi 4 Tingkat Risiko Covid-19 Berikut

2. Keluarlah dari rumah sebentar

Centers for Disease Control (CDC) telah mencantumkan perjalanan liburan sebagai faktor risiko yang meningkatkan transmisi penularan virus corona.

Oleh sebab itu, kita tidak perlu pergi terlalu jauh karena akan membahayakan kesehatan diri sendiri maupun orang lain.

Walau begitu kita untuk melawan perasaan terisolasi dengan berjalan-jalan di sekitar rumah, berkendara melintasi kota, atau pergi ke toko sebentar, dengan tetap mengenakan masker dan tidak menyentuh apa pun sebelum mencuci tangan.

Warga beraktivitas di Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai membuka 16 taman kota di masa PSBB transisi dengan jumlah pengunjung hanya 25 persen dari kapasitas maksimum.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Warga beraktivitas di Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai membuka 16 taman kota di masa PSBB transisi dengan jumlah pengunjung hanya 25 persen dari kapasitas maksimum.

3. Terapkan rutinitas pagi

Membuat sebuah rutinitas di pagi hari dapat mengobati rasa kesepian saat liburan di masa yang sulit ini. Misalnya duduk santai, minum kopi, atau berjemur.

Dia menambahkan, bahwa memiliki rutinitas yang tetap di pagi hari dapat membantu meningkatkan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

4. Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com