Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seketat Apa Pola Asuh Anak Anggota Kerajaan Inggris

Kompas.com - 24/12/2020, 10:06 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap anak yang menjadi bagian keluarga kerajaan Inggris tentu memiliki perbedaan dibandingkan mereka yang dibesarkan sebagai rakyat biasa.

Dalam hal gaya pengasuhan anak, bangsawan Inggris mempunyai tradisi yang terbilang ketat.

Contohnya, orangtua di keluarga kerajaan harus mendandani anaknya dengan pakaian yang sudah ditentukan, atau mengajarkan anak untuk berperilaku selayaknya orang dewasa.

Beberapa metode parenting atau pengasuhan berubah di masa Putri Diana, misalnya saja mengizinkan berpelukan, atau pergi makan ke restoran dan taman hiburan.

Namun, ada aturan-aturan yang tidak ditinggalkan, dan aturan ini wajib ditaati setiap orang di keluarga kerajaan Inggris.

"Ratu Elizabeth di tahun 50-an bahkan mengatakan dia ingin anak-anaknya dibesarkan senormal mungkin, tapi itu hanyalah angan-angan," kata Ingrid Seward, penulis buku Royal Children.

Baca juga: Ketika Kate Middleton Bicara tentang Pola Asuh Anak...

Kira-kira, apa saja metode pengasuhan yang wajib diikuti anggota keluarga kerajaan Inggris? Berikut kami rangkum dari Reader's Digest.

1. Kelahiran anak wajib diumumkan

Saat seorang anak lahir, orangtua di Royal Family harus mengikuti adat tertentu. Pertama, penguasa saat ini Ratu Elizabeth II harus menjadi orang pertama yang diberitahu kelahiran anak tersebut.

Kemudian, pengumuman ditempatkan di atas kuda-kuda di depan Istana Buckingham. Pengumuman juga diunggah di media sosial resmi keluarga kerajaan Inggris.

Beberapa hari pasca kelahiran anak, publik diberikan kesempatan untuk menyaksikan anak yang baru lahir didampingi orangtua kerajaan.

Kelahiran ketiga anak Pangeran William dan Kate Middleton diungkap ke publik di tangga Lindo Wing of St. Mary Hospital di London.

Sedangkan, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan kelahiran bayi mereka, Archie Mountbatten-Windsor di St. George's Hall di Windsor Castle.

Baca juga: Keluarga Pangeran William Bergaya Kasual untuk Foto Kartu Natal

2. Anak harus dibaptis

Anak-anak keluarga kerajaan Inggris, termasuk calon pewaris takhta harus dibaptis. Meghan Markle, The Duchess of Sussex dibaptis sendiri di Church of England sebelum ia menikah dengan Pangeran Harry.

Orangtua kerajaan juga harus meminta anak mereka memakai gaun pembaptisan tradisional, replika dari gaun yang dipakai putri Ratu Victoria di tahun 1841.

Baca juga: Cara Kate dan Meghan Hormati Putri Diana Saat Pembaptisan Bayi Archie

3. Orangtua harus memasukkan anak ke sekolah terbaik

Orangtua keluarga kerajaan harus memberi pendidikan terbaik bagi anak mereka.

Pangeran Charles mengikuti tradisi ayahnya, Pangeran Philip, dengan mengenyam pendidikan di sekolah swasta Gordonstoun. Hal yang sama juga dilakukan Pangeran William dan Harry, dengan bersekolah di Eton.

Sedangkan Pangeran George dan Putri Charlotte bersekolah di sekolah dasar Thomas's Battersea di London.

4. Anak harus diajarkan berbagai bahasa berbeda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com