Kompas.com - 24/12/2020, 10:30 WIB
Menelepon adalah salah satu cara untuk terhubung dengan ibu ketika terpisah jarak. SHUTTERSTOCKMenelepon adalah salah satu cara untuk terhubung dengan ibu ketika terpisah jarak.

KOMPAS.com - Hubungan baik yang terjalin antara ibu dan anak akan membawa dampak positif bagi kedua belah pihak.

Kedekatan anak dengan ibu juga bisa mengurangi perasaan negatif, seperti stres atau kesepian.

Para peneliti menemukan, seorang anak yang memeluk ibunya akan segera memperoleh hormon oksitosin atau hormon bahagia, yang memicu perasaan senang.

Hormon oksitosin merupakan unsur penting dalam ikatan antara orangtua dan anak, yang bisa menghilangkan stres dan membangun kepercayaan.

Ternyata, manfaat positif dari hubungan baik ibu dan anak juga tetap didapatkan meskipun keduanya terpisah jarak.

Menurut studi terbaru dari University of Wisconsin-Madison's Child Emotion Lab, bahkan hanya dengan menghubungi ibu lewat telepon, seseorang kemungkinan dapat lebih mudah menghilangkan segala perasaan negatif yang dialaminya.

Studi tersebut mengungkapkan, mendengarkan suara ibu melalui telepon memiliki efek pengurangan stres, yang sama seperti pelukan langsung.

Baca juga: Memperbaiki Hubungan dengan Ibu, Harus Mulai dari Mana?

Para peneliti meminta 61 anak gadis berusia 7-12 tahun untuk menjalani tes stres rutin yang melibatkan pemecahan soal matematika rumit di depan orang asing.

Peneliti juga membagi peserta ke dalam tiga kelompok.

Setelah merasa letih, kelompok pertama dikembalikan ke ibu mereka dan dibiarkan mendapatkan kontak fisik, sementara peserta di kelompok kedua diberikan waktu 15 menit untuk berbicara dengan ibu mereka lewat telepon.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X