Kompas.com - 24/12/2020, 12:09 WIB
Ilustrasi jalan kaki. SHUTTERSTOCKIlustrasi jalan kaki.

KOMPAS.com - Jalan kaki merupakan bentuk latihan sederhana yang memiliki segudang manfaat kesehatan, baik fisik maupun psikologis.

Pakar kesehatan Michael Roizen, MD memberikan lima alasan yang dapat mendorong banyak orang untuk mulai meluangkan waktu berjalan kaki setiap hari.

1. Mengurangi stres

Berjalan kaki merupakan cara positif untuk mengurangi stres. Terlebih di tengah banyaknya tantangan dan perubahan karena pandemi Covid-19.

Jalan kaki dapat meningkatkan detak jantung, menurunkan tingkat stres dan mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit lebih lanjut seperti stroke, sindrom patah hati, atau kardiomiopati.

Studi mengkonfirmasi bahwa berjalan kaki memberi manfaat bagi suasana hati karena melepaskan obat alami tubuh untuk bahagia, yakni endorfin.

"Orang yang berjalan kaki akan merasa bangga di setiap akhir sesi jalan kakinya dengan menetapkan tujuan kecil untuk terus bergerak dan menyelesaikan, itu semua dapat membantu meningkatkan harga dirinya," kata Roizen.

Baca juga: 7 Hal yang Menjadi Penanda Stres, tetapi Jarang Disadari

2. Menurunkan berat badan

Jalan kaki merupakan salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Keuntungan lainnya, latihan ini relatif mudah, gratis dan bisa dilakukan kapan saja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X