Kompas.com - 25/12/2020, 08:16 WIB
Pangeran Charles (paling kanan) memakai setelan jas biru dongker di pemakaman Putri Diana. TANGKAP LAYAR EVOKE.IEPangeran Charles (paling kanan) memakai setelan jas biru dongker di pemakaman Putri Diana.

KOMPAS.com— Season terbaru dari The Crown membuat masyarakat menjadi lebih penasaran dengan kisah-kisah lain tentang pasangan Putri Diana dan Pangeran Charles.

Salah satu yang menarik perhatian adalah film dokumenter 2017, Diana: 7 Days That Shook The World, yang juga tayang di Netflix.

Dokumenter tersebut memberikan gambaran mendalam tentang seminggu setelah kematian Diana.

Di dalamnya, ada salah satu detail yang mengundang rasa penasaran para penggemar, yakni tentang setelan yang dikenakan Charles ketika menghadiri pemakaman sang mantan istri.

Sulung Ratu Elizabeth II itu tampak berjalan di belakang peti mati Diana bersama mantan saudara iparnya, kedua putranya, dan ayahnya, dengan mengenakan setelan biru dongker, yang meskipun tidak terlampau terang, namun tetap menonjol di antara pakaian warna hitam yang dikenakan orang-orang.

Baca juga: Bukan Pangeran Charles, Siapa Anak Kesayangan Ratu Inggris?

Hal ini mengejutkan banyak pihak, mengingat Charles biasanya memegang teguh protokol dalam acara-acara kerajaan.

Terlepas dari anggapan negatif sebagian orang, setelan Saville Row biru yang dipilihnya sebenarnya adalah simbol penghormatan untuk mendiang mantan istrinya, bukan salah satu sikap tidak hormat.

Penulis kerajaan Brian Hoey mengatakan, setelan ini adalah favorit Diana. Diana sendiri yang membantu Pangeran Charles memilihnya.

"Diana lebih suka dia memakai warna biru daripada hitam atau abu-abu. Diam-diam itu adalah pujian yang indah untuknya (Diana),” ujar Brian seperti disampaikan kepada People pada 1997.

Baca juga: Putri Diana Ternyata Harus Lulus Tes Sebelum Nikahi Pangeran Charles

Adapun pernikahan pasangan tersebut memang menjadi sorotan dunia dan menarik minat masyarakat untuk mengikuti The Crown musim keempat.

Banyak pihak di sekeliling keluarga kerajaan mengecam penggambaran serial tersebut tentang anggota keluarga kerajaan, termasuk tentang kisah pernikahan Charles dan Diana.

Menurut para sumber, ada banyak ketidakakuratan faktual menurut, sementsra beberapa penggambaran di sana memang benar terjadi.

Misalnya, Camilla dan Diana yang pernah makan siang bersama. Faktanya keduanya meman benar-benar bertemu untuk makan siang, tetapi apakah percakapan mereka berjalan seperti yang digambarkan dalam serial atau tidak, itu masih menjadi misteri.

Baca juga: Melihat Kekuatan Hubungan Pangeran Charles dan Camilla



Sumber Evoke.ie
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X