Kompas.com - 25/12/2020, 09:28 WIB

KOMPAS.com - Tahun 2020 adalah tahun yang sulit bagi kita semua. Banyak rencana yang sudah disusun sejak tahun sebelumnya harus kandas alias gagal karena pandemi.

Namun, jangan berputus asa, karena masih ada harapan di tahun mendatang.

Saat ini adalah momen yang tepat untuk merancang resolusi atau tujuan hidup di tahun 2021.

Menurut Psikoterapis Dr Stephanie Sarkis, kita dapat mengurangi beban pikiran dengan menuliskan tujuan hidup kita ke dalam jurnal.

"Kita melalui banyak hal tahun ini, banyak krisis dan penting untuk memproses apa saja yang sudah kita lalui," kata Sarkis.

"Membuat jurnal membangun sebuah ketahanan, sehingga ketika kita melihat ke belakang, kita mungkin berkata 'ada hal sulit yang dihadapi, tapi saya bisa sampai di sini.'"

Satu studi yang dimuat dalam jurnal Psychophysiology menemukan, di saat seseorang yang punya kekhawatiran menuliskan isi pikirannya, maka kecemasan tersebut akan berkurang.

Studi ini menunjukkan bagaimana mengeluarkan kekhawatiran, dari pikiran ke sebuah tulisan, dapat membantu kita memproses peristiwa kehidupan.

"Saat kita fokus terlalu jauh ke depan, kita cenderung merasa cemas dan saat kita fokus pada masa lalu, kita cenderung merasa depresi," sebut Sarkis.

"Membuat jurnal akan membantu Anda tetap berada di masa kini."

Baca juga: Jangan Remehkan Manfaat Menulis Jurnal

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Today
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.