Kompas.com - 25/12/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple Inc terus bergerak maju dengan berencana memproduksi mobil listrik sendiri pada 2024 mendatang.

Menurut Reuters, upaya yang dikenal sebagai Project Titan ini sudah berjalan sejak 2014, ketika pertama kali mereka mulai mendesain kendaraannya.

Seorang veteran Apple, yang pernah bekerja di Tesla Inc, Doug Field pun kembali pada 2018 untuk mengawasi proyek tersebut.

Menurut dua orang sumber yang enggan disebutkan namanya, perkembangan pesat Apple membuat perusahaan tersebut ingin mencoba membuat kendaraan bagi konsumen.

Tujuan Apple membangun kendaraan pribadi untuk pasar massal sangat kontras dengan saingannya, seperti Alphabet Inc.'s Waymo, yang telah membuat robo-taxi untuk mengangkut penumpang dengan layanan tanpa pengemudi.

Inti dari strategi Apple adalah desain baterai baru yang dapat "secara radikal" mengurangi biaya baterai dan meningkatkan jangkauan kendaraan.

Baca juga: The Apple Face Mask, Masker Wajah Kreasi Apple, Seperti Apa?

Rencana ini membuat Apple menghadapi tantangan baru dalam hal rantai pasok.

Meskipun perusahaan pembuat iPhone itu telah membuat ratusan juta produk elektronik setiap tahunnya dengan suku cadang dari seluruh dunia, tapi mereka tak pernah membuat mobil.

Bahkan, Elon Musk membutuhkan waktu selama 17 tahun sebelum akhirnya merilis mobil Tesla, yang dapat memberikan keuntungan berkelanjutan.

"Jika ada satu perusahaan di planet ini yang memiliki sumber daya untuk melakukannya, mungkin itu adalah Apple."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X