Kompas.com - 25/12/2020, 17:30 WIB
Minuman bersoda. SHUTTERSTOCK/VINTAGE TONEMinuman bersoda.

KOMPAS.com - Liburan akhir tahun biasa dimanfaatkan orang untuk traveling, atau sekadar berkumpul bersama keluarga di rumah dan makan-makan.

Nah, saat pesta makan itulah, orang cenderung membiarkan dirinya terbawa napsu makan, salah satunya mengonsumsi minuman soda berlebihan.

Kebiasaan itu tentu saja tidak baik untuk kesehatan kita karena tinggi kandungan gula.

Ketika mengonsumsi minuman tinggi gula, aliran darah akan dipenuhi gula, sehingga pankreas perlu bekerja lebih keras untuk mendorong gula ke otot dan mengubah apa yang bisa menjadi energi.

Selain itu, kelebihan gula disimpan di hati dan berubah menjadi lemak.

Menurut dokter pengobatan integratif, Irina Todorov, MD, konsumsi soda yang terlalu banyak dan terlalu sering akan menyebabkan kerusakan serius pada tubuh hingga memicu kematian akibat penyakit jantung.

"Semakin banyak minuman soda yang kita minum setiap hari, semakin besar kemungkinan kita meninggal karena penyakit jantung," kata Todorov.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 7 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Senang Minum Soda

Lebih lanjut, pakar lain juga mengingatkan bahaya dari mengonsumsi minuman bersoda di waktu tertentu.

Menurut ahli diet olahraga Leslie Bonci, waktu terburuk untuk minum minuman bersoda adalah sesaat sebelum kita berolahraga.

Menurut Bonci, minuman berkarbonasi dapat memperlambat pengosongan usus, sehingga tubuh kita tidak terhidrasi dengan efisien.

Halaman:


Sumber MSN
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X