Kompas.com - 28/12/2020, 18:59 WIB
Ilustrasi kasur, tempat tidur SHUTTERSTOCK/LUNOPARKIlustrasi kasur, tempat tidur

KOMPAS.com – Tempat tidur atau matras berperan penting dalam menghadirkan tidur yang berkualitas sehingga kita bangun dalam kondisi yang segar. Untuk itu kita harus cermat memilih matras.

Kebanyakan orang memilih matras hanya berdasarkan keras atau empuknya, harga, serta ukuran. Padahal, matras empuk bukan jaminan tidur nyaman.

Matras empuk tidak selalu baik untuk tubuh karena memberi beban berlebih yang membuat tulang belakang serta pinggang tidak bisa beristirahat.

Idealnya, pemilihan matras tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Misalnya saja, untuk orang dengan postur tubuh besar atau orang dengan masalah tulang belakang, lebih cocok menggunakan matras keras yang mampu menopang berat tubuhnya dengan merata.

Pemilihan matras yang tidak tepat berisiko menyebabkan berbagai gangguan kesehatan diantaranya; meningkatkan stres, menyebabkan nyeri tulang belakang, penurunan sistem imun, dan menurunkan konsentrasi.

Baca juga: Berapa Lama Tidur yang Kita Butuhkan?

Saat akan membeli matras, pakar kesehatan tidur Michael J Breuss menyarankan untuk mencoba berbaring di atas setiap kasur selama 10-15 menit dengan posisi tidur yang biasa dilakukan di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Karena setiap orang punya kebutuhan mastras yang berbeda. Jika tidak ditemukan posisi yang nyaman saat mencobanya, berarti matras itu kurang sesuai dengan kebutuhan tubuh,” paparnya.

PT Duta Abadi Primantara (DAP) meluncurkan platform belanja kebutuhan tidur Sleepandco.id. Sleepandco.id PT Duta Abadi Primantara (DAP) meluncurkan platform belanja kebutuhan tidur Sleepandco.id.

Belanja online

Kegiatan mencoba matras yang akan dibeli biasanya hanya dapat dilakukan saat kita datang ke toko. Namun, saat ini sudah ada situs belanja yang memungkinkan konsumen “menjajal” matras.

PT Duta Abadi Primantara (DAP) meluncurkan platform belanja kebutuhan tidur Sleepandco.id. Dalam situs tersebut dilengkapi fitur Mattress Selector agar konsumen mendapat matras yang sesuai kebutuhan.

“Untuk memakai fitur ini, konsumen perlu memasukkan data pribadi seperti profil pengguna kasur, posisi tidur, berat badan, alasan membeli matras baru, masalah tidur yang dialami, serta bujet. Bila data itu sudah dilengkapi, Sleepandco.id akan menampilkan matras yang sesuai preferensi konsumen,” kata Group Brand Manager DAP, Mukti Argo.

Selain itu, situs ini juga memiliki fitur perbandingan produk sehingga konsumen dapat melihat keunggulan dan inovasi dari masing-masing produk.

“Sleepandco.id menghadirkan berbagai produk kebutuhan tidur dan relaksasi dari merek premium. Barang yang dipesan akan dikirimkan langsung dari Jakarta dengan estimasi waktu 10-14 hari,” katanya.

Baca juga: Jangan Sepelekan Pengaruh Kasur pada Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.