Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Matras Tidur Jangan Cuma Berdasarkan Empuknya

Kompas.com - 28/12/2020, 18:59 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Tempat tidur atau matras berperan penting dalam menghadirkan tidur yang berkualitas sehingga kita bangun dalam kondisi yang segar. Untuk itu kita harus cermat memilih matras.

Kebanyakan orang memilih matras hanya berdasarkan keras atau empuknya, harga, serta ukuran. Padahal, matras empuk bukan jaminan tidur nyaman.

Matras empuk tidak selalu baik untuk tubuh karena memberi beban berlebih yang membuat tulang belakang serta pinggang tidak bisa beristirahat.

Idealnya, pemilihan matras tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Misalnya saja, untuk orang dengan postur tubuh besar atau orang dengan masalah tulang belakang, lebih cocok menggunakan matras keras yang mampu menopang berat tubuhnya dengan merata.

Pemilihan matras yang tidak tepat berisiko menyebabkan berbagai gangguan kesehatan diantaranya; meningkatkan stres, menyebabkan nyeri tulang belakang, penurunan sistem imun, dan menurunkan konsentrasi.

Baca juga: Berapa Lama Tidur yang Kita Butuhkan?

Saat akan membeli matras, pakar kesehatan tidur Michael J Breuss menyarankan untuk mencoba berbaring di atas setiap kasur selama 10-15 menit dengan posisi tidur yang biasa dilakukan di rumah.

“Karena setiap orang punya kebutuhan mastras yang berbeda. Jika tidak ditemukan posisi yang nyaman saat mencobanya, berarti matras itu kurang sesuai dengan kebutuhan tubuh,” paparnya.

PT Duta Abadi Primantara (DAP) meluncurkan platform belanja kebutuhan tidur Sleepandco.id. Sleepandco.id PT Duta Abadi Primantara (DAP) meluncurkan platform belanja kebutuhan tidur Sleepandco.id.

Belanja online

Kegiatan mencoba matras yang akan dibeli biasanya hanya dapat dilakukan saat kita datang ke toko. Namun, saat ini sudah ada situs belanja yang memungkinkan konsumen “menjajal” matras.

PT Duta Abadi Primantara (DAP) meluncurkan platform belanja kebutuhan tidur Sleepandco.id. Dalam situs tersebut dilengkapi fitur Mattress Selector agar konsumen mendapat matras yang sesuai kebutuhan.

“Untuk memakai fitur ini, konsumen perlu memasukkan data pribadi seperti profil pengguna kasur, posisi tidur, berat badan, alasan membeli matras baru, masalah tidur yang dialami, serta bujet. Bila data itu sudah dilengkapi, Sleepandco.id akan menampilkan matras yang sesuai preferensi konsumen,” kata Group Brand Manager DAP, Mukti Argo.

Selain itu, situs ini juga memiliki fitur perbandingan produk sehingga konsumen dapat melihat keunggulan dan inovasi dari masing-masing produk.

“Sleepandco.id menghadirkan berbagai produk kebutuhan tidur dan relaksasi dari merek premium. Barang yang dipesan akan dikirimkan langsung dari Jakarta dengan estimasi waktu 10-14 hari,” katanya.

Baca juga: Jangan Sepelekan Pengaruh Kasur pada Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com