Kompas.com - 30/12/2020, 07:51 WIB
Ilustrasi desain kantor pasca-pandemi SHUTTERSTOCKIlustrasi desain kantor pasca-pandemi

KOMPAS.com - Masa liburan menuju pergantian tahun adalah momen terbaik untuk merenungkan apa yang sudah terjadi sepanjang tahun 2020, termasuk karier.

Meski saat ini kita masih bekerja dari rumah, kita perlu persiapan matang apabila program vaksinasi berhasil dan kita dapat kembali bekerja di kantor nantinya.

Pakar karier di Monster.com, Vicki Salemi membagikan tips terkait persiapan yang bisa dicoba untuk kelangsungan karier kita di tahun 2021, di mana pun kita bekerja.

1. Membersihkan ruang kerja

Biasanya akhir tahun dipakai untuk merapikan meja kerja di kantor. Karena itu, kata Salemi, lakukan hal yang sama untuk ruang kerja kita di rumah.

Bersihkan laci, buang dokumen lama atau singkirkan buku yang tidak lagi kita perlukan. Lakukan audit atas persiapan kita. Pikirkan apa yang membuat ruang kerja lebih efisien dan nyaman.

Perhatikan ukuran meja dan kursi, apakah sesuai untuk kita atau tidak. Perlukah pencahayaan lebih baik, dan apakah kita harus pindah ke ruangan lain di rumah?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salemi menambahkan untuk menyerahkan segala pengeluaran kantor yang perlu kita ajukan sebelum akhir Desember.

Baca juga: 4 Pertanda Kamu Sudah Kelelahan Bekerja

2. Tetapkan tujuan karier

"Setelah ruangan kerja bersih, Anda memiliki ruang untuk berpikir, 'bagaimana karier saya di tahun 2021 dan seterusnya?'" sebut Salemi.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X