Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2020, 17:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi mengajarkan kita pentingnya memiliki dasar keuangan yang kuat. Tidak perlu memiliki gaji besar dulu untuk mengatur keuangan pribadi. Berapa pun gaji kita, memiliki anggaran yang cermat akan menyelamatkan kita dalam situasi sulit.

Menyambut tahun baru, cobalah mulai memperbaiki anggaran pengeluaran pribadi sehingga kita bisa mencapai tujuan keuangan.

Berikut ini ada lima tips sederhana yang dapat dilakukan kaum muda agar dapat mengatur keuangan dengan cermat dan mulai berinvestasi di masa pandemi.

1. Menyiapkan dana darurat

Pendiri perusahaan keuangan Rainchq, Davinia Tomlinson mengatakan, penting sekali memilah tabungan dan menyiapkan dana darurat untuk peristiwa kehidupan yang tidak terduga.

"Tetap menabung dan menyisakan dana darurat karena tahun ini telah membuktikan kalau kita tidak akan pernah bisa terlalu tangguh secara finansial," terangnya.

"Memiliki simpanan uang tunai yang kuat sebagai cadangan akan memberikan ketenangan pikiran," sambung dia.

Menurutnya, tempat yang baik untuk memulai investasi adalah dengan membuka rekening tabungan secara umum.

Di sisi lain, pakar keuangan dan pendiri She Can Prosper, Diane Watson merekomendasikan agar kita memiliki rekening terpisah untuk menyisihkan uang. Dengan begitu, kita akan terbiasa menabung dalam jumlah tertentu, bukan hanya membelanjakannya.

Baca juga: Ingin Siapkan Dana Darurat? Ini yang Harus Diperhatikan

2. Mulailah berinvestasi dari yang kecil

Saat ini ada banyak aplikasi investasi di ponsel yang menawarkan investasi dengan biaya rendah dan mengarahkan kita ke opsi yang sesuai dengan keadaan.

Diane juga menyarankan kita untuk mendaftar dana pensiun di tempat kerja jika tersedia. Mengikuti dana pensiun di kantor berarti atasan membayar dan kita memberikan kontribusi.

"Meskipun sepertinya masih lama dan mungkin bukan prioritas, itu adalah bagian integral untuk mulai menabung demi masa depan," katanya.

Sementara itu, Holly Mackay, pendiri Boring Money setuju apabila berinvestasi bagi kaum muda dijadikan sebagai kebiasaan yang baik.

Buatlah tahun 2021 sebagai tahun di mana kita menjadi investor, bahkan jika hanya dengan Rp 100.000 atau kurang dari itu, yang terpenting adalah mulai dulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com