Tahun Baru, Saatnya Perbaiki Cara Atur Keuangan

Kompas.com - 30/12/2020, 17:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pandemi mengajarkan kita pentingnya memiliki dasar keuangan yang kuat. Tidak perlu memiliki gaji besar dulu untuk mengatur keuangan pribadi. Berapa pun gaji kita, memiliki anggaran yang cermat akan menyelamatkan kita dalam situasi sulit.

Menyambut tahun baru, cobalah mulai memperbaiki anggaran pengeluaran pribadi sehingga kita bisa mencapai tujuan keuangan.

Berikut ini ada lima tips sederhana yang dapat dilakukan kaum muda agar dapat mengatur keuangan dengan cermat dan mulai berinvestasi di masa pandemi.

1. Menyiapkan dana darurat

Pendiri perusahaan keuangan Rainchq, Davinia Tomlinson mengatakan, penting sekali memilah tabungan dan menyiapkan dana darurat untuk peristiwa kehidupan yang tidak terduga.

"Tetap menabung dan menyisakan dana darurat karena tahun ini telah membuktikan kalau kita tidak akan pernah bisa terlalu tangguh secara finansial," terangnya.

"Memiliki simpanan uang tunai yang kuat sebagai cadangan akan memberikan ketenangan pikiran," sambung dia.

Menurutnya, tempat yang baik untuk memulai investasi adalah dengan membuka rekening tabungan secara umum.

Di sisi lain, pakar keuangan dan pendiri She Can Prosper, Diane Watson merekomendasikan agar kita memiliki rekening terpisah untuk menyisihkan uang. Dengan begitu, kita akan terbiasa menabung dalam jumlah tertentu, bukan hanya membelanjakannya.

Baca juga: Ingin Siapkan Dana Darurat? Ini yang Harus Diperhatikan

2. Mulailah berinvestasi dari yang kecil

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X