Kompas.com - 31/12/2020, 06:30 WIB
Mendiang Putri Diana saat merayakan ulangtahun terakhirnya di usia 36 tahun. TANGKAP LAYAR HARPERS BAZAARMendiang Putri Diana saat merayakan ulangtahun terakhirnya di usia 36 tahun.

KOMPAS.com - Dalam sebuah episode The Crown musim keempat di Neflix, terungkap tentang perjuangan Putri Diana melawan bulimia.

Bulimia adalah sebuah gangguan makan yang diikuti dengan muntah yang disengaja.

Setelah episode itu tayang, diskusi tentang bulimia kembali bermunculan.

Direktur pendiri University of North Carolina Center of Exellence for Eating Disorder, Cynthia Bulik, memuji penggambaran kondisi bulimia tersebut karena telah dilakukan secara akurat oleh The Crown.

"Ini nyata dan saya tidak setuju dengan orang yang memiliki gangguan ini namun tidak menunjukannya, karena seolah-olah ada sesuatu yang terlalu memalukan tentangnya."

"Semakin jujur kita tentang betapa mengerikannya gangguan ini, maka semakin baik untuk menghilangkan stigma yang beredar," ungkap Bulik kepada Today.

Untuk memahami sedikit lebih jauh soal bulimia, berikut enam fakta yang perlu Anda ketahui:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Dapat mengancam nyawa
Asosiasi Gangguan Makan Nasional AS (NEDA) mengingatkan, bulimia nervosa adalah gangguan makan yang berpotensi mengancam nyawa.

Kondisi ini dapat memengaruhi seluruh sistem pencernaan, menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan kimiawi, serta memengaruhi jantung dan fungsi organ utama lainnya.

Remaja perempuan dan perempuan berusia awal 20 tahunan disebut yang paling berisiko.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X