Kompas.com - 31/12/2020, 12:06 WIB
Ilustrasi merayakan tahun baru di rumah. SHUTTERSTOCK/IMPACT PHOTOGRAPHYIlustrasi merayakan tahun baru di rumah.

KOMPAS.com - Akhir 2020 segera tiba. Sayangnya, tahun baru kali ini terpaksa kita lalui di tengah masa pandemi Covid-19.

Meski momen pergantian tahun kerap dirayakan, sebaiknya kita tidak merayakannya dengan bersenang-senang di tengah keramaian dan melonggarkan protokol kesehatan.

Saakar penyakit menular di Vanderbilt University, Dr William Schaffner mengingatkan, malam tahun baru kali ini seharusnya menjadi pengingat untuk meningkatkan kesadaran terhadap pencegahan virus corona.

"Secara tradisional, tahun baru selalu dirayakan dengan pesta yang sangat meriah."

"Orang-orang mungkin akan ramai-ramai berkumpul dan itu bukan keadaan di mana kita dapat menerapkan jarak sosial," ungkapnya kepada Yahoo Life.

Schaffner mengatakan, mengabaikan protokol kesehatan demi merayakan tahun baru mungkin akan membuat kita pulang dengan membawa virus dan menyebarkannya pada keluarga atau tetangga.

Nah, sebagai upaya untuk menjaga keselamatan di masa liburan tahun baru ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merilis pedoman baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pedoman tersebut menguraikan beberapa tips untuk merayakan tahun baru 2021 dengan risiko penularan yang lebih rendah di masa pandemi seperti berikut ini.

1. Memiliki rencana perjalanan yang aman

CDC secara eksplisit melarang orang-orang bepergian untuk liburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X