Kompas.com - 03/01/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Yogurt termasuk salah satu makanan yang baik untuk kesehatan. Makanan fermentasi dari susu ini mengandung probiotik yang baik bagi pencernaan.

Tapi tak hanya itu, penelitian baru di JAMA Oncology menemukan, asupan yogurt dalam jumlah tinggi yang disertai serat dapat menurunkan risiko kanker paru.

Temuan ini berdasarkan analisis terhadap sepuluh studi dari Amerika Serikat, Eropa, dan Asia, yang melibatkan kira-kira 1,4 juta orang.

Para peneliti memeriksa 18.822 kasus kanker paru dan menyesuaikan faktor risiko seperti kebiasaan merokok.

"Penelitian ini adalah 'uji coba observasi'. Para peneliti ingin melihat apakah ada hubungan antara penyakit kanker paru dengan faktor lain."

Demikian yang diungkap Brian Mitzman, MD, seorang ahli bedah toraks dan asisten profesor bedah klinis di University of Utah.

Baca juga: Tak Merokok Tetap Berisiko Terkena Kanker Paru, Kok Bisa?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Hasil uji coba observasi memang tidak seakurat studi acak, tapi masih bisa memberikan informasi penting,” tambahnya.

Mitzman menjelaskan, hasil dari penelitian tersebut menunjukkan konsumsi yogurt dan serat terkait dengan penurunan risiko kanker paru-paru.

Penelitian menemukan, pria yang makan kira-kira tiga ons yogurt sehari memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena kanker paru.

Hal yang sama juga berlaku bagi wanita yang mengonsumsi empat ons yogurt sehari. Selain itu, peserta yang makan serat paling banyak kemungkinan terkena kanker 17 persen lebih kecil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.