Kompas.com - 04/01/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi kerja produktif selama work from home (WFH). SHUTTERSTOCKIlustrasi kerja produktif selama work from home (WFH).

KOMPAS.com - Awal tahun adalah momen yang tepat untuk mempertimbangkan perubahan karier. Apalagi, jika kita baru saja kehilangan pekerjaan atau merasa jenuh dengan pekerjaan yang ada dan ingin mencoba hal baru.

Ada kemungkinan saat proses menemukan peluang baru di dunia kerja, kita perlu mengubah beberapa hal seperti gaya hidup, atau mencoba peran berbeda di tempat kita bekerja.

1. Mencari pekerjaan di masa krisis

Mencari peluang baru tidak selalu membutuhkan banyak usaha. Salah satunya dengan membangun jaringan.

Kabarkan kepada teman dan rekan kerja bahwa kita ingin membuat perubahan karier. Orang cenderung ingin membantu, apalagi jika mereka hanya perlu mengirimkan email berisi resume kita.

Baca juga: 5 Alasan Orang yang Sensitif Dibutuhkan di Tempat Kerja

Atau, kita bisa mengikuti kursus online untuk mengembangkan keterampilan teknis atau soft skill seperti kepemimpinan.

Saat mulai melamar kerja, kita bakal menyadari ada banyak perusahaan yang membuka lowongan, dan perusahaan tersebut memungkinkan kita bekerja secara fleksibel dari jarak jauh.

2. Percaya diri saat mencari pekerjaan baru

Perasaan ragu-ragu dapat mempersulit upaya kita mencari pekerjaan baru. Kita bisa mengembangkan kepercayaan diri dengan melakukan persiapan secara matang.

Dalam merencanakan perubahan karier, kita dapat berkonsultasi dengan orang lain atau melakukan pekerjaan sampingan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X