Kompas.com - 04/01/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi seorang anak ikut memasak bersama ibunya di dapur. Dok. ThinkStockIlustrasi seorang anak ikut memasak bersama ibunya di dapur.

KOMPAS.com - Selama pandemi, anak cenderung lebih bebas dan mandiri melakukan berbagai hal, seperti bermain atau membuat makanan.

Para orangtua mengatakan, anak-anak mereka menikmati kebebasan selama berada di rumah. Kebebasan memiliki manfaat penting bagi perkembangan anak.

Jackie McGuire, ibu dari tiga anak di Maryland, AS menceritakan bagaimana pandemi mengubah caranya mendidik anak.

McGuire mengaku memberi lebih banyak ruang bagi anak-anaknya. Di siang hari, ia membiarkan anak sendirian atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Namun ia memberikan walkie-talkie agar dapat tetap berkomunikasi dengan anak.

Pada malam hari, McGuire mengantarkan anak-anaknya ke kamar tidur, tetapi mereka dibolehkan berbicara satu sama lain sampai mereka mengantuk dan terlelap.

Baca juga: Lama di Rumah Bikin Anak Kesepian, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara fleksibel, sehingga anak-anak McGuire dapat menyelesaikan tugas kapan pun, tanpa paksaan dari orangtua atau guru di sekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memiliki kebebasan berdampak besar pada ketiga anak McGuire yang masing-masing berusia lima, tujuh, dan delapan tahun.

"Mereka semua sudah sedikit lebih dewasa," kata McGuire.

Banyak waktu luang

Dibandingkan masa sebelum pandemi, saat ini anak memiliki lebih banyak waktu luang. Sekolah online memiliki durasi yang lebih singkat, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti seni tari, olahraga, atau musik ditiadakan.

Halaman:


Sumber Yahoo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.