Anak Hanya di Rumah Selama Pandemi, Apa Dampaknya bagi Tumbuh Kembang?

Kompas.com - 05/01/2021, 12:36 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat sekolah harus ditutup. Untuk belajar dan beraktivitas, anak-anak cuma bisa melakukannya di dalam rumah. Kondisi ini membuat banyak orangtua khawatir dapat memengaruhi kesehatan mental dan perkembangan anak.

Berdasarkan data dari Royal Children's Hospital's National Child Health Poll pada Juni 2020, lebih dari sepertiga orangtua melaporkan bahwa pandemi berdampak negatif pada kesehatan mental anak.

Bahkan, hampir setengah dari orangtua yang disurvei mengatakan, kesehatan mental mereka ikut berpengaruh.

Setidaknya dalam beberapa bulan terakhir orangtua menghabiskan waktu menemani anak untuk belajar di rumah.

Kondisi ini diperparah dengan anak yang tidak bisa keluar rumah dan bermain bersama teman sebayanya. Hal ini bukan cuma memengaruhi kemampuan belajar, melainkan juga sosial dan kesehatan mental.

Baca juga: Anak yang Tumbuh Bersama Kakak Perempuan Lebih Sukses

Isolasi sosial bagi anak

Pada Juni 2020, sekelompok peneliti di Inggris meninjau 80 studi untuk menemukan bagaimana isolasi sosial dan kesepian akibat Covid-19 dapat memengaruhi kesehatan mental anak yang sebelumnya sehat.

Hasilnya, isolasi sosial meningkatkan risiko depresi dan kecemasan, dan efek ini bisa bertahan beberapa tahun.

Temuan tersebut juga menyimpulkan, kesepian berisiko memengaruhi kesejahteraan anak-anak meski masa isolasi sosial sudah berakhir.

Dampak isolasi sosial sangat signifikan bagi anak-anak dengan kebutuhan pendidikan khusus, apalagi ketika dukungan yang biasanya diberikan dari sekolah terganggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X