Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2021, 14:51 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Kecerdasan manusia bisa ditentukan dari banyak cara. Di sekolah kita mungkin pernah mengikuti tes IQ (intelligence quotient), yang bertujuan mengukur bakat dan kemampuan seseorang.

Namun, kecerdasan seseorang bukan hanya diukur lewat tes tersebut. Ada beberapa alasan yang mendasari:

- Tes IQ mengukur keterampilan khusus seperti penalaran, ingatan, dan pemecahan masalah. Namun, tes ini tidak dapat menangkap gambaran lebih luas dari kemampuan orang secara keseluruhan.

- Tes IQ tidak menilai ciri-ciri penting seperti kreativitas atau keterampilan emosional.

- Orang dari latar belakang berbeda memiliki tingkat pengetahuan berbeda-beda dengan konsep dan struktur tes, sehingga skor rendah tidak mewakili kemampuan intelektual sebenarnya.

- Temuan penelitian tahun 2016 menunjukkan orang dengan autisme memiliki kecerdasan lebih tinggi ketimbang hasil yang ditunjukkan tes IQ standar. Tes ini dapat memengaruhi interaksi sosial dan kinerja tugas secara negatif.

Banyak pakar percaya, tes IQ tidak dapat memberikan gambaran jelas tentang kecerdasan. Sebab, kecerdasan terbagi menjadi beberapa jenis.

Satu teori populer yang diperkenalkan psikolog dan profesor Howard Gardner menunjukkan sembilan jenis kecerdasan yang berbeda.

Baca juga: 7 Kecerdasan Emosional yang Harus Diajarkan pada Anak Sejak Dini

Sedikitnya ada 11 tanda yang memperlihatkan kamu adalah orang cerdas, mengutip laman Healthline.

1. Punya rasa empati

Empati biasanya digambarkan sebagai kemampuan untuk mengalami sesuatu dari sudut pandang orang lain, dan ini komponen kunci dari kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan kita memahami emosi dan mengekspresikannya dengan cara sehat dan produktif.

Mengakui emosi adalah langkah pertama yang penting. Namun, orang dengan kecerdasan emosional tinggi umumnya memiliki kesadaran yang relatif baik mengenai apa yang orang lain pikirkan dan rasakan.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Dengan empati yang tinggi, kita dapat merasakan saat orang berjuang lewat tanda-tanda halus dalam bahasa tubuh atau perilaku mereka.

Empati juga bisa muncul sebagai tingkat pertimbangan dan penerimaan yang lebih mendalam terhadap pengalaman orang lain.

Pelajari lebih banyak kondisi orang lain dan ungkapkan kepedulian kita terhadap mereka untuk menumbuhkan kecerdasan emosional yang lebih kuat.

Baca juga: Humor Ternyata Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Sudah Tahu?

2. Menghargai "me time"

Menemukan kepuasan di dalam diri juga dapat menunjukkan bahwa kita cerdas.

Menurut studi tahun 2016 yang mengamati potensi dampak persahabatan, kepadatan populasi, dan kecerdasan akan kebahagiaan, orang yang memiliki kecerdasan lebih tinggi cenderung kurang puas atas kehidupan saat menghabiskan banyak waktu bersosialisasi dengan teman.

Semakin banyak waktu bersosialisasi, semakin sedikit waktu yang kita punya untuk introspeksi diri dan mengejar minat dan proyek yang diinginkan. Tentunya, kita juga harus mampu menyisihkan waktu untuk diri sendiri.

3. Memiliki perasaan diri yang kuat

Mengetahui apa yang kita butuhkan adalah salah satu bagian dari kesadaran diri.

Kesadaran diri terkait dengan persepsi kita terhadap beberapa hal, yaitu sifat dan kemampuan, nilai-nilai kehidupan, tujuan dan keinginan hidup utama, dan karakteristik lainnya.

Perasaan diri yang berkembang baik menandakan kecerdasan tingkat tinggi. Sebab, identitas diri yang kuat menandakan kita merasa aman dengan kondisi kita, mengetahui keahlian yang dimiliki, dan percaya diri dalam membuat pilihan.

Baca juga: Belajar Mencintai Ketidaksempurnaan Fisik

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com