Kompas.com - 05/01/2021, 14:51 WIB
Ilustrasi berpikir positif shutterstockIlustrasi berpikir positif

KOMPAS.com - Kecerdasan manusia bisa ditentukan dari banyak cara. Di sekolah kita mungkin pernah mengikuti tes IQ (intelligence quotient), yang bertujuan mengukur bakat dan kemampuan seseorang.

Namun, kecerdasan seseorang bukan hanya diukur lewat tes tersebut. Ada beberapa alasan yang mendasari:

- Tes IQ mengukur keterampilan khusus seperti penalaran, ingatan, dan pemecahan masalah. Namun, tes ini tidak dapat menangkap gambaran lebih luas dari kemampuan orang secara keseluruhan.

- Tes IQ tidak menilai ciri-ciri penting seperti kreativitas atau keterampilan emosional.

- Orang dari latar belakang berbeda memiliki tingkat pengetahuan berbeda-beda dengan konsep dan struktur tes, sehingga skor rendah tidak mewakili kemampuan intelektual sebenarnya.

- Temuan penelitian tahun 2016 menunjukkan orang dengan autisme memiliki kecerdasan lebih tinggi ketimbang hasil yang ditunjukkan tes IQ standar. Tes ini dapat memengaruhi interaksi sosial dan kinerja tugas secara negatif.

Banyak pakar percaya, tes IQ tidak dapat memberikan gambaran jelas tentang kecerdasan. Sebab, kecerdasan terbagi menjadi beberapa jenis.

Satu teori populer yang diperkenalkan psikolog dan profesor Howard Gardner menunjukkan sembilan jenis kecerdasan yang berbeda.

Baca juga: 7 Kecerdasan Emosional yang Harus Diajarkan pada Anak Sejak Dini

Sedikitnya ada 11 tanda yang memperlihatkan kamu adalah orang cerdas, mengutip laman Healthline.

1. Punya rasa empati

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X