Kompas.com - 06/01/2021, 07:05 WIB
Tempe, makanan asli Indonesia berbahan dasar kacang kedelai. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESTempe, makanan asli Indonesia berbahan dasar kacang kedelai.

KOMPAS.com - Tempe adalah makanan yang umumnya banyak kita temukan sehari-hari di Indonesia.

Makanan tinggi protein ini sangat mudah diolah menjadi beragam masakan lezat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi atau diurai oleh organisme.

Menurut Healthline, selain kedelai, tempe juga bisa dibuat dari varietas kacang-kacangan lainnya, seperti gandum atau campuran kedelai dan gandum.

Tempe bisa menjadi alternatif sumber protein, terutama bagi orang-orang yang tidak memakan daging.

Makanan ini tinggi akan protein, vitamin dan mineral, serta rendah sodium dan karbohidrat sehingga menjadi sumber makanan yang menyehatkan.

Sebagai gambaran, 84 gram tempe mengandung sekitar 162 kalori, 15 gram protein, 9 gram karbohidrat, dan 9 gram total lemak.

Tempe juga diyakini merupakan sumber kalsium yang baik. Sebanyak 166 gram tempe dapat mengandung sekitar dua pertiga kalsium yang didapatkan dari segelas susu.

Sementara itu, menurut BBC Good Food, tempe juga merupakan sumber serat yang baik dengan sekitar 9 gram kandungan serat untuk setiap 100 gram tempe.

Jumlah ini hampir sepertiga rekomendasi asupan serat harian menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 25 gram.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X