Kompas.com - 06/01/2021, 07:32 WIB
Ilustrasi anak laki-laki bermain basket. SHUTTERSTOCKIlustrasi anak laki-laki bermain basket.

KOMPAS.com - Setiap kata-kata yang terucap dari orangtua dapat membawa dampak bagi anak, baik itu positif maupun negatif.

Bahkan, kata-kata yang tidak sengaja dilontarkan sekalipun berpotensi memiliki efek jangka panjang bagi hidup anak di kemudian hari.

Psikolog dan pendiri Mt Sinai Parenting Center, Dr Aliza Pressman mengatakan, ada beberapa ungkapan atau kalimat yang seharusnya tidak kita tujukan pada anak, terutama anak laki-laki.

Beberapa kalimat yang dimaksud, antara lain:

1. "Kamu kelak akan bikin orang patah hati"

Biasanya kita mengatakan kalimat ini secara pribadi atau di depan orang lain untuk mengisi kekosongan suasana.

Namun, menurut Pressman, kata-kata tersebut cenderung memaksakan stereotip dewasa dan romantis kepada anak kecil.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orangtua seolah menerapkan cita-cita heteronormatif kepada anak ketika mengucapkannya, serta seolah mengarahkan bagaimana dia seharusnya berhubungan kelak.

"Semua pesan halus yang Anda berikan kepada anak menjadi cara ia menafsirkan siapa dia seharusnya di masa mendatang, sehingga memberikan kesan ada yang salah dengan dirinya," lanjut Pressman.

Baca juga: Intip 7 Tips Membesarkan Anak yang Percaya Diri

2. "Anak laki-laki tidak bermain boneka"

Halaman:


Sumber Pure Wow
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X