Kompas.com - 06/01/2021, 11:13 WIB
Model difabel LUD dalam sesi foto bersama Yuna & Co. DOK YUNA & CO.Model difabel LUD dalam sesi foto bersama Yuna & Co.

KOMPAS.com - Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional tahun 2018, diperkirakan ada 14,2 persen atau sekitar 30,38 juta jiwa penyandang disabilitas di Indonesia.

Di seluruh dunia pun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, ada 1 milyar orang atau 15 persen dari total populasi global yang memiliki disabilitas.

Kaum difabel cenderung mendapatkan tantangan lebih besar untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal ini terjadi karena kekurangan akses, keterbatasan cara komunikasi, adanya diskriminasi, hingga stigma negatif yang terus melekat.

Termasuk salah satunya adalah keterbatasan dalam mengekspresikan diri dalam hal fesyen dan kecantikan.

Berangkat dari kondisi tersebut, gerakan Lipstick untuk Difabel (LUD) pun didirikan sejak Juli 2018.

Pendiri LUD, Laninka Siamiyono mengungkapkan, gerakan itu awalnya merupakan sebuah upaya untuk mendorong kaum perempuan difabel mampu tampil lebih percaya diri melalui makeup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bentuk gerakan ini berupa donasi kepada wanita difabel dengan mengumpulkan lipstik dari sumbangan sesama wanita di Indonesia," ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dalam waktu dua tahun, LUD berkembang menjadi sebuah komunitas inklusif yang menyatukan wanita difabel dan non-difabel untuk saling menyemangati, berbagai informasi dan saling peduli satu sama lain.

Salah satu kolaborasi terbaru mereka adalah bersama Yuna & Co., platform personal styling dengan teknologi machine-learning.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.