Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Rumitnya Proses Pembuatan Tas Baru dari Dior

Kompas.com - 06/01/2021, 19:55 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Bagi para pecinta fesyen, menenteng tas Dior adalah salah satu kebanggaan. Tidak cuma karena menunjang gaya, tas ini juga sebagian besar dibuat dengan tangan. Tak mengherankan jika harganya relatif tinggi.

Dalam video terbarunya, Dior kembali mengungkapkan bagaimana tas koleksi terbarunya, Caro, dibuat. Caro adalah salah satu dari koleksi Cruise 2021.

Video ini merupakan salah satu proyek Savoir-Faire, yang mengungkap rahasia dibalik rumitnya pembuatan koleksi dari Dior seperti, jaket Bar atau tas Lady Dior yang ikonik.

Tas Caro dari rumah mode Dior.Dior Tas Caro dari rumah mode Dior.
Dalam video itu kita bisa melihat bagaimana pengrajin begitu terampil mengubah kain, kulit, dan rantai menjadi tas cantik Caro.

Caro sendiri lahir dari rancangan Maria Grazia Chiuri, yang memulai debutnya di peragaan busana selama pertunjukan Resort 2021 di Lecce, yang memadukan bentuk asli Dior dengan nilai-nilai tradisi Apulian, Italia.

Baca juga: Cerita di Balik Kain Endek Bali dalam Koleksi Spring/Summer Dior

Caro hadir dengan siluet persegi panjang dan tubuh kulit anak sapi yang lembut dengan jahitan Cannage, dihiasi dengan tekstur berlapis khas, logo "CD" logam emas pada flap dan tali bahu dari rantai.

Pembuatan tas

Seperti yang ditunjukkan dalam video, tas itu sepenuhnya buatan tangan di Italia, menggabungkan gaya klasik dengan bahan terbaik dan pengrajin terbaik.

Langkah pertama adalah membuat sketsa, kemudian ada berbagai tahapan pengerjaan, mulai dari pemotongan panel hingga perakitannya.

Dalam perakitan, tas akan dijahit dengan teknik quilting rumit yang membutuhkan 18.000 jahitan untuk mendapatkan pola geometris Cannage.

Tas Caro baru tersedia secara online, di toko Dior dan di pengecer resmi, dalam dua ukuran dan warna berbeda seperti hitam, abu-abu, krem, gading, merah muda, biru muda dan hijau mint.

Baca juga: Desainer Jepang Bikin Tas LV dan Dior Khusus untuk Bawa Bubble Tea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com