Kompas.com - 07/01/2021, 06:02 WIB
Seseorang yang kegemukan atau overweight. SHUTTERSTOCKSeseorang yang kegemukan atau overweight.

KOMPAS.com - Ketika hendak mengejar berat badan tertentu atau sekadar ingin mempertahankan berat badan ideal, banyak orang lebih fokus pada diet dan olahraga.

Dua elemen tersebut memang penting. Namun, sayangnya masih banyak yang mengabaikan kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang sebetulnya berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.

Salah satunya adalah kebiasaan di pagi hari.

"Kebiasaan terbesar orang-orang ketika mau menurunkan berat badan adalah memulai hari dengan cara yang salah."

Hal itu diungkapkan oleh Presiden Institute for Sustainable Weight Loss, Susan Peirce Thompson, PhD, seperti dilansir Women's Health.

Aktivitas yang kita lakukan di pagi hari ketika bangun adalah fondasi untuk pilihan-pilihan kita di sisa hari, dan akan berimbas ke hari-hari setelahnya.

Jadi, sangat penting untuk membangun kebiasaan-kebiasaan positif di pagi hari. Jika belum memilikinya, kamu bisa memulainya dari hari ini.

1. Terlalu banyak tidur
Kebanyakan dari kita sudah tahu bahwa kurang tidur dapat memicu kenaikan berat badan.

Saah satu penyebabnya adalah hormon kortisol yang merangsang rasa lapar ketika kita terjaga hingga larut.

Namun, terlalu banyak tidur juga bukan sesuatu yang baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X