Kompas.com - 07/01/2021, 07:05 WIB
Ilustrasi espresso yang biasanya diseruput saat sarapan. SHUTTERSTOCK/VALERIA AKSAKOVAIlustrasi espresso yang biasanya diseruput saat sarapan.

KOMPAS.com - Minum kopi sudah menjadi rutinitas harian bagi sebagian orang.

Selain membantu kita untuk terjaga dan lebih fokos, rutin minum kopi ternyata juga berkaitan dengan umur panjang.

Namun, kopi yang dimaksud spesifik mengacu pada kopi espresso.

Dilansir Yahoo, para peneliti Itali melakukan observasi tentang keterkaitan konsumsi kopi "bergaya Italia" alias espresso dan penurunan risiko kematian akibat berbagai penyebab, utamanya akibat penyakit kardiovaskular.

Para peneliti meneliti 20.487 individu tanpa penyakit kardiovaskular atau kanker di awal penelitian.

Berdasarkan info pola makan partisipan, para peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi, 3-4 shot espresso dari berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah dari semua penyebab, khususnya kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Para peneliti meyakini, ini berkat senyawa khusus yang disebut NTproBNP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Healthline, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur berkaitan dengan penurunan risiko kematian akibat berbagai penyakit serius.

Saat air panas mengalir melalui bubuk kopi ketika diseduh, senyawa kimia alami dalam biji kopi bercampur dengan air dan menjadi bagian dari minuman.

Banyak dari senyawa ini merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X