Kompas.com - 07/01/2021, 08:49 WIB
Artis Kalina Octaranny saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (26/11/2020). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Artis Kalina Octaranny saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (26/11/2020).

KOMPAS.com - Selebritas Kalina Octaranny saat ini sedang terbaring di rumah sakit.

Awal mulanya, ia dinyatakan mengalami tipes. Namun, setelah melakukan rangkaian tes pemeriksaan, dinyatakan positif Covid-19.

Meski begitu, Kalina sendiri telah mengunggah hasil tes usap terbarunya yang menyatakan kalau dirinya ternyata negatif.

Kalina mungkin bukan satu-satunya orang yang mengalami kondisi tersebut.

Tipes dan Covid-19 memang memiliki gejala yang mirip. Lalu, mengapa infeksi Covid-19 sering dikira tipes?

Medical Editor SehatQ, dr. Anandika Pawitri, MRes mengatakan, hal itu umum terjadi. Sebab, hingga saat ini gejala khas Covid-19 memang belum bisa disimpulkan.

Umumnya, Covid-19 mengenai saluran pernapasan terlebih dahulu sehingga penderitanya mengalami gejala seperti batuk dan sesak napas yang disertai demam dan kelelahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, masih terus bermunculan gejala baru pada pasien Covid-19, termasuk anosmia (kelainan penciuman di hidung) dan hilangnya rasa pengecapan.

"Gejalanya bisa tersamar dengan penyakit-penyakit lain, seperti tifoid (tipes). Karena itu memang banyak kasus yang didiagnosis penyakit lain yang serupa terlebih dahulu, baru ketahuan Covid," ungkapnya kepada Kompas.com.

Baca juga: 6 Gejala Awal Covid-19 yang Harus Diwaspadai

Tak hanya tipes, penyakit-penyakit lainnya yang menyerang saluran pernapasan, seperti pneumonia dan influenza, juga memungkinkan kita keliru mengenali gejalanya dengan Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X