Kompas.com - 07/01/2021, 10:38 WIB
. VIA Adidas.

KOMPAS.com - Adidas mengumumkan inovasi terbaru mereka dengan membuat sepatu yang menggunakan material kulit berbahan kulit jamur.

Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari inisiatif keberlanjutan 2021 dari produsen pakaian olahraga asal Jerman tersebut.

Sneaker ikonik Adidas Stan Smith akan menjadi siluet awal yang dibuat dengan bahan sepenuhnya "vegan", karena menggunakan material miselium. Miselium adalah bagian vegetatif dari jamur.

Baca juga: Adidas Stan Smith Dibikin Pakai Bahan Daur Ulang, Apa Jadinya?

Sebelumnya, pada tanggal 28 Desember, Adidas mengumumkan langkah mereka dalam terobosan baru ini.

Disebutkan, bersama dengan mitranya, Adidas mengembangkan berbahan baru sebagai alternatif kulit biologis murni, dan akan menggunakannya untuk pertama kalinya dalam pembuatan alas kaki.

Meski demikian, hal ini bukanlah usaha baru bagi Adidas. Pada tahun 2020, Adidas sempat meluncurkan versi "nabati" untuk beberapa sneaker klasik, yang dengan cepat diserap pasar.

Bahkan, saat ini Adidas sudah sepenuhnya meninggalkan penggunaan bulu hewan pada semua produknya.

Sebagai gantinya, mereka bekerja dengan mitranya dalam proyek keberlanjutan lain yang mencakup daur ulang kapas, dan mengembangkan sepatu lari "climate friendly".

Baca juga: Tangguh, Sepatu Outdoor Adidas dengan Material Gore-Tex

Seluruh upaya tersebut dilakukan untuk mencapai target menghasilkan 60 persen bahan ramah lingkungan dari semua produk Adidas pada tahun 2021 ini.

Meskipun sepatu berbahan dasar kulit jamur tersebut belum dirilis, namun Adidas sepertinya sudah mampu menunjukkan komitmen yang lebih besar untuk bumi, demi target netralitas iklim pada tahun 2050.

Keberlanjutan merupakan bagian integral dari filosofi bisnis Adidas,” kata CEO Adidas, Kasper Rorsted.

“Kami terus berinvestasi dalam inisiatif keberlanjutan selama pandemi Covid-19, dan kami akan secara signifikan memperluas rangkaian produk berkelanjutan kami pada tahun 2021,” sambung dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X