Kompas.com - 07/01/2021, 12:07 WIB
Ilustrasi ular sanca batik KOMPAS.com/M IQBAL FAHMIIlustrasi ular sanca batik

KOMPAS.com - Di tengah musim penghujan, beberapa daerah di Indonesia kembali dihebohkan dengan kemunculan ular di daerah pemukiman warga.

Beberapa warga bahkan mengalami rumahnya kemasukan ular.

Mencegah selalu menjadi langkah yang lebih baik. Agar rumah kita tidak kemasukan ular, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa kita lakukan, di antaranya:

1. Bersihkan rumah dari makanan ular
Pakar Gigitan Ular dan Toksikologi, DR. dr. Tri Maharani, M.Si SP.EM, menganjurkan agar rumah tetap bersih dari makanan ular, seperti tikus, katak atau unggas.

Itulah mengapa kita dilarang memelihara unggas, misalnya ayam, di dalam rumah karena berpotensi mengundang ular masuk rumah

Jika memiliki kolam di rumah, bersihkan secara rutin setidaknya seminggu sekali sehingga kolam tidak rawan didatangi katak.

"Intinya, kita tidak akan lihat ular masuk rumah kalau kita tidak membuat si ular mendapatkan sesuatu yaitu makanannya. Karena reptil cuma satu tujuannya, makan," kata Maha.

Pastikan pula semua sisa makanan dibuang dengan benar di tempat sampah tertutup.

Sisa makanan yang tidak dibuang dengan benar dapat mengundang tikus, yang pada akhirnya juga dapat mengundang ular masuk ke rumah.

Baca juga: Sering Salah, Begini Cara Penanganan Gigitan Ular yang Tepat

2. Rapikan kebun di rumah
Usahakan rutin memangkas pekarangan atau kebun yang rimbun di rumah. Sebab, ular sangat senang berdiam di antara bebatuan atau semak belukar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X