Kompas.com - 07/01/2021, 14:32 WIB
ilustrasi cuka apel shutterstockilustrasi cuka apel

KOMPAS.com - Cuka sari apel termasuk herbal serbaguna yang memberi manfaat bagi tubuh. Akan tetapi, kesalahan dalam meminumnya malah bisa membawa masalah kesehatan.

Contohnya langsung menenggak cuka apel lalu setelahnya makan atau minum sesuatu yang lain untuk menghilangkan rasa pahit. Cara tersebut sangat tidak disarankan.

Menurut ahli kinesiologi Matt Weik, cuka sari apel bersifat asam. Langsung meminumnya berisiko menyebabkan iritasi bahkan kerusakan pada kerongkongan dan perut.

"Jaga kesehatan tubuh. Selalu encerkan cuka sari apel dalam cairan lain sebelum dikonsumsi," kata Weik kepada The Healthy.

Mengencerkan cuka sari apel dalam air dapat membantu melindungi tenggorokan dan perut dari asam. Selain itu, cara ini membuat cuka sari apel lebih enak dikonsumsi.

Berikut kesalahan lain dalam mengonsumsi cuka sati apel.

Baca juga: Menambahkan Cuka Apel ke Dalam Menu Diet Bantu Hancurkan Lemak Perut

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Dikonsumsi setelah makan

Ahli gizi Elizabeth Abel mengatakan, kebiasaan minum cuka sari apel setelah makan harus diubah. Sebab cuka sari apel memberikan manfaat kesehatan lebih baik setelah dikonsumsi sebelum makan.

"Seiring bertambahnya usia, jumlah cairan di lambung yang membantu memecah makanan mengalami penurunan," kata Abel.

Dia menambahkan, mengonsumsi sedikit cuka apel tepat sebelum makan dapat membantu menggantikan cairan lambung yang hilang sehingga makanan lebih mudah dicerna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.