Bikin Gemuk dan Rentan Penyakit, Ini 8 Tanda Kamu Kurang Gerak

Kompas.com - 08/01/2021, 06:00 WIB
Menonton tv sambil ngemil dan aktivitas lainnya yang membuat seseorang kurang gerak dapat memicu kegemukan serta peningkatan risiko penyakit kronis. PEXELS/AMATEUR HUBMenonton tv sambil ngemil dan aktivitas lainnya yang membuat seseorang kurang gerak dapat memicu kegemukan serta peningkatan risiko penyakit kronis.

KOMPAS.com - Banyak orang masih belum cukup berolahraga dan belum memenuhi rekomendasi aktivitas fisik harian.

Apalagi di masa pandemi, di mana semakin banyak orang berdiam diri di rumah, semakin banyak orang yang kurang gerak.

Sayangnya, laporan Jaringan Riset Perilaku Menetap (Sedentary Behavior Research Network/SBRN) mengungkapkan, perilaku kurang gerak, seperti banyak duduk atau berbaring, berkaitan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit.

Pelatih kesehatan dan kebugaran bersertifikat nasional sekaligus asisten profesor kinesiologi dan kebugaran integratif dari Point Loma Nazarene University, Jessica Matthews, DBH menyebutkan, peningkatan risiko termasuk risiko kenaikan berat badan dan obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, hingga peningkatan risiko kematian akibat semua penyebab.

Tidak butuh waktu lama hingga efek kesehatan tersebut muncul.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hanya perlu dua minggu tanpa aktivitas (pada orang muda dan sehat) untuk memunculkan beberapa efek kesehatan yang cukup signifikan, termasuk berkurangnya massa otot dan perubahan metabolisme tubuh.

Disarankan untuk mengurangi perilaku menetap sehingga tidak lebih dari 60 menit.

Menurut pelatih utama dan konsultan kesehatan dan kebugaran Nike, Joe Holder, usahakan setiap jamnya menargetkan untuk bergerak setidaknya selama 3-6 menit.

"Anda bisa memasang alarm (setiap 60 menit) dan berdiri, berjalan, atau sekadar melakukan gerakan duduk-berdiri secara berulang," ujarnya.

Baca juga: Awas, Ancaman Diabetes bagi Kamu yang Kurang Gerak...

Berikut delapan hal yang menandakan bahwa kamu termasuk kelompok yang kurang gerak:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X