Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Tanaman yang Bikin Ruangan Terasa Lebih Sejuk

Kompas.com - Diperbarui 06/09/2021, 12:25 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Cuaca panas di siang hari bolong rasanya begitu menyiksa, apalagi jika tidak ada kipas angin atau pendingin ruangan di rumah.

Namun, ada cara ramah lingkungan yang bisa kamu lakukan untuk membuat area rumah terasa lebih sejuk, yakni dengan menempatkan beberapa jenis tanaman.

Menurut Studi Ilmu Bumi yang dilakukan Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), tumbuhan dapat membantu mengubah suhu atmosfer bumi melalui proses fotosintesis.

Hutan menghasilkan transpirasi dalam jumlah besar yang dapat meningkatkan uap air di atmosfer, menyebabkan lebih banyak curah hujan dan sering kali memperkuat pendinginan dengan menghalangi sinar matahari.

Transpirasi terjadi ketika atmosfer memanas. Pada kondisi tersebut tanaman akan melepaskan kelebihan air ke udara melalui daunnya dan melepaskan air yang menguap sehingga lingkungan sekitarnya akan terasa lebih sejuk.

Nah, jika kita ingin membawa kesejukan ke lingkungan rumah dengan tanaman, beberapa jenis tanaman hias berikut bisa menjadi pilihan tanaman penyejuk ruangan:

1. Rubber plant

Ilustrasi tanaman hias rubber plantSHUTTERSTOCK/F2.8 Ilustrasi tanaman hias rubber plant
Tanaman ini dapat meningkatkan kelembapan di dalam ruangan, sehingga akan memberikan efek udara yang lebih sejuk.

Semakin banyak dedaunannya, akan semakin besar kelembapan yang kembali dilepaskannya ke udara.

Tanaman ini akan menyerap air melalui akarnya, kemudian melepaskan kelembapan melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daunnya.

Tips tambahan, beri sedikit air agar tanahnya tetap lembap secara merata dan tempatkan tanaman di area yang terang namun tidak terkena sinar matahari langsung.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman Hias yang Membantu Mengusir Alergi

2. Weeping fig

Weeping fig atau ficus benjamina bisa menjadi pilihann tanaman hias untuk menyejukkan ruangan.SHUTTERSTOCK/ILLINA YULIIA Weeping fig atau ficus benjamina bisa menjadi pilihann tanaman hias untuk menyejukkan ruangan.
Ini adalah satu dari sedikit pohon yang dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan dan dapat mebantu menjaga udara di dalam ruangan tetap lembap dan sejuk.

Pilihlah tanaman dengan batang yang tinggi dan puncak lebat sehingga bisa berfungsi sebagai kanopi hutan kecil untuk tanaman lain di bawah atau di sekitarnya.

Untuk diketahui, mengelompokkan tumbuhan bersama-sama akan membuat mereka dapat menciptakan ekosistem atmosfer kecil yang meningkatkan kelembapan udara di sekitarnya.

Pastikan kita menyiramnya secara teratur, terutama di bulan-bulan dengan cuaca yang lebih panas dan tempatkan tanaman ini di area dengan cahaya sedang sehingga tetap dapat menyerap sinar matahari.

Baca juga: Cocok untuk Kamar Tidur, 7 Tanaman Hias Ini Bikin Tidur Nyenyak

3. Palem

Tidak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk ketika cuaca panasSHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Tidak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk ketika cuaca panas
Palem berdaun hijau, seperti palem kuning, pakis, Livistona, Caryota mitis, dan palem jari memiliki stoma kecil yang dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com