Kompas.com - 08/01/2021, 12:20 WIB
Meletakkan jenis tanaman tertentu di area rumah dapat menciptakan udara yang lebih sejuk. SHUTTERSTOCKMeletakkan jenis tanaman tertentu di area rumah dapat menciptakan udara yang lebih sejuk.

KOMPAS.com - Cuaca panas di siang hari bolong rasanya begitu menyiksa, apalagi jika tidak ada kipas angin atau pendingin ruangan di rumah.

Namun, ada cara ramah lingkungan yang bisa kamu lakukan untuk membuat area rumah terasa lebih sejuk, yakni dengan menempatkan beberapa jenis tanaman.

Menurut Studi Ilmu Bumi yang dilakukan Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), tumbuhan dapat membantu mengubah suhu atmosfer bumi melalui proses fotosintesis.

Hutan menghasilkan transpirasi dalam jumlah besar yang dapat meningkatkan uap air di atmosfer, menyebabkan lebih banyak curah hujan dan sering kali memperkuat pendinginan dengan menghalangi sinar matahari.

Transpirasi terjadi ketika atmosfer memanas. Pada kondisi tersebut tanaman akan melepaskan kelebihan air ke udara melalui daunnya dan melepaskan air yang menguap sehingga lingkungan sekitarnya akan terasa lebih sejuk.

Nah, jika kamu ingin membawa kesejukan ke lingkungan rumah dengan tanaman, beberapa jenis tanaman berikut bisa menjadi pilihan:

1. Rubber plant

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi tanaman hias rubber plantSHUTTERSTOCK/F2.8 Ilustrasi tanaman hias rubber plant
Tanaman ini dapat meningkatkan kelembapan di dalam ruangan, sehingga akan memberikan efek udara yang lebih sejuk.

Semakin banyak dedaunannya, akan semakin besar kelembapan yang kembali dilepaskannya ke udara.

Tanaman ini akan menyerap air melalui akarnya, kemudian melepaskan kelembapan melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daunnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X